BioFar.ID Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.

Tips Sederhana Mengatasi Rasa Mudah Lelah Saat Hamil

Mudah Lelah Saat Hamil

Di awal kehamilan, para wanita pasti akan mengalami yang namanya perubahan hormonal dan juga perubahan fisik, seperti pada ukuran perut. Hal ini akan berpengaruh pula terhadap kondisi ibu hamil yang akan lebih mudah mengalami lelah dan letih.

Rasa lelah yang ibu hamil ini rasakan termasuk dalam kondisi yang terbilang normal atau wajar, di mana hal tersebut terjadi karena memang tubuh yang bekerja dengan porsi yang lebih berat dari biasanya atau sebelum hamil, untuk pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Walaupun memang kondisi tersebut adalah hal yang wajar atau normal, tapi menjaga kondisi stamina tubuh saat hamil itu tentunya perlu untuk ibu hamil perhatikan juga.

Karena, jika tubuh ibu hamil terlalu lelah, maka aktivitas harian Bunda pastinya akan terganggu. Sehingga masa-masa hamil Bunda pun akan kurang menyenangkan untuk Bunda jalani.

Maka dari itu, beberapa tips di bawah ini mungkin bisa cukup membantu para ibu hamil dalam mengatasi rasa lelah yang sering muncul tersebut.

Seperti apa tips mengatasi rasa lelah saat hamil? Silahkan Bunda simak selengkapnya di bawah.

1. Perbanyak istirahat

Hal yang paling berpengaruh jika tubuh memang mudah lelah itu adalah karena kurangnya istirahat atau tidur yang tidak cukup setiap harinya. Para ibu hamil sebaiknya memenuhi waktu tidurnya setiap hari, setidaknya 8 jam. Selain tidur malam, ibu hamil juga perlu menjalani istirahat siang, khususnya beberapa saat setelah makan siang.

Walaupun hanya sekedar berbaring atau duduk tanpa beraktivitas, untuk merelaksasikan tubuh maka itu sudah cukup membantu dalam memulihkan tenaga. Untuk Bunda para ibu hamil yang mengalami kesulitan tidur saat hamil, maka beberapa tips dari WHO ini mungkin akan cukup membantu:

  1. Hindari minuman dengan kandungan kafein, khususnya sebelum waktu tidur malam
  2. Coba untuk minum susu yang hangat saat malam hari sebelum tidur
  3. Mandi dengan air panas bisa membantu merelaksasi tubuh agar bisa cepat tidur
  4. Membaca dan bersantai

2. Lakukan aktivitas yang ringan

Banyak dari ibu hamil yang terlalu khawatir dengan kehamilan membuatnya malas untuk beraktivitas. Selama masa hamil, para ibu hamil tetap diharuskan untuk melakukan aktivitas seperti biasanya setiap hari. Akan tetapi, porsi dan juga frekuensi dari aktivitas tersebut yang perlu dikurangi.

Pilihlah aktivitas yang ringan-ringan saja, khususnya yang berkaitan dengan fisik, yang memang memudahkan Bunda cepat lelah. Bunda bisa berjalan-jalan santai saat pagi hari sambil menghirup udara yang segar dan terkena sinar matahari pagi untuk mendapatkan vitamin D.

Kalau Bunda wanita karir yang bekerja di kantor, maka Bunda sebaiknya tidak terlalu banyak duduk. Selingilah waktu kerja Bunda dengan berjalan-jalan di koridor kantor.

3. Hindarilah stres

Salah satu kondisi yang perlu untuk Bunda hindari selama hamil itu adalah stres. Stres selama hamil itu bisa berdampak buruk terhadap tubuh dan juga janin di dalam kandungan. Selain hal itu, stress hamil juga bisa membuat tubuh cepat lelah, tidak hanya secara fisik tapi juga secara mental bisa.

Untuk bisa terhindar dari rasa lelah tersebut, ibu hamil sebaiknya melakukan banyak aktivitas yang menyenangkan, dan tidak terlalu memikirkan pekerjaan kantor. Selain cara tersebut, ibu hamil bisa melatih pernapasan yang manfaatnya itu bisa didapatkan saat proses persalinan dan membantu Bunda untuk bisa tetap rileks atau santai.

Untuk melakukan hal tersebut, maka Bunda harus bisa berada pada posisi yang nyaman dengan posisi tulang belakang yang dibuat tegak. Setelah itu, tutuplah mata Bunda dan coba untuk berkonsentrasi pada latihan pernapasan yang Bunda lakukan tersebut.

Ambil napas melalui hidung, lalu buang kembali melalui mulut. Lakukan aktivitas tersebut selama beberapa menit setiap Bunda stres dengan lembut dan perlahan.

4. Perbanyak konsumsi cairan untuk menghindari dehidrasi

Rasa lelah yang ibu hamil alami itu bisa juga disebabkan oleh dehidrasi. Hal ini bisa terjadi karena tubuh kurang cairan yang jika tidak diperhatikan akan mengalami dehidrasi.

Setiap hari, Bunda setidaknya mengkonsumsi air minum sebanyak 2 liter untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh Bunda setiap harinya.

Untuk ibu hamil sendiri yang mengeluh sering buang air kecil, maka porsi air minumnya tersebut sebaiknya ditambah. Dengan mengkonsumsi air minum yang cukup setiap harinya, maka ini bisa membantu dalam menyehatkan usus serta bisa menghindari Bunda dari konstipasi yang juga banyak dikeluhkan oleh para ibu hamil.

5. Perbanyak mengkonsumsi zat besi

Kekurangan zat besi dalam tubuh bisa berakibat pada kekurangan darah dalam tubuh dan berujung kepada anemia. Kondisi ini memang cukup banyak dialami oleh ibu hamil, karena memang selera makan pada ibu hamil itu biasanya sering mengalami pengurangan.

Gejala anemia yang dialami oleh ibu hamil itu antara lain seperti tubuh mudah lelah, letih, dan lesu. Maka dari itu, untuk bisa mengatasi hal tersebut para ibu hamil sebaiknya memperbanyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat besi seperti daging, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan juga buah-buahan.

Selain mengkonsumsi makanan berzat besi tinggi, ibu hamil juga perlu mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin V, yang manfaatnya itu adalah untuk mempercepat penyerapan zat besi dalam tubuh.

6. Coba dengan memasang aromaterapi

Aromaterapi ini bisa saja berbentuk minyak oles atau pun wewangian yang disimpan dalam ruangan. Dengan menggunakan aromterapi tersebut, maka ini bisa membantu Bunda dalam lebih rileks dan melupakan rasa lelah.

Dengan banyaknya aktivitas yang Bunda lakukan setiap harinya, maka Bunda pun bisa mengakhirinya dengan mandi air hangat.

7. Tetap jaga gula darah agar stabil

Gula darah yang terlalu berlebihan dalam tubuh bisa juga menjadi penyebab Bunda mudah lelah, dan begitu pula sebaliknya. Maka dari itu, sangat penting untuk tetap menjaga kadar gula darah dalam darah agar Bunda bisa terhindar dari perasaan mudah lelah dan lesu.

Hindarilah mengkonsumsi makanan dengan kandungan minyak dan lemak berlebih, serta terapkan pola makan yang sehat dan teratur setiap harinya.

Itulah beberapa tips yang bisa kami sampaikan berkaitan dengan ibu hamil yang mudah merasakan lelah dan letih. Dengan tips di atas semoga ibu hamil bisa mendapatkan tambahan informasi mengenai masa hamil.

Avatar
BioFar.ID Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.