BioFar.ID Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.

Tanda Hamil 1 Bulan yang Pasti Dialami

Tanda hamil 1 bulan

Setelah menikah, tentunya tujuan Bunda selanjutnya adalah membina rumah tangga yang baik dan yang paling penting adalah mendapatkan keturunan. Kehamilan pasca pernikahan itu ada yang cepat tapi ada juga yang harus berusaha lebih keras dan menunggu waktu yang lama untuk bisa hamil.

Kehamilan itu sendiri memang tidak bisa dipastikan begitu saja. Karena, kehamilan ini sendiri merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa untuk pasangan suami istri, khususnya untuk perempuan. Dan, setelah Bunda hamil hal penting yang harus Bunda lakukan selanjutnya adalah menjaga kehamilan tersebut agar bisa sehat hingga bayi Bunda lahir ke dunia dengan selamat dan sehat.

Dalam menjaga kehamilan tetap sehat hingga bayi lahir tentunya ada beberapa hal yang harus Bunda lakukan, seperti menjalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, menjaga pola makan setiap harinya, menjaga stamina, mengurangi aktivitas berat dan yang terlalu berlebihan, memperhatikan setiap perubahan pada fisik, dan rutin melakukan konsultasi dengan dokter kandungan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Semua hal tersebut tentunya dilakukan untuk bisa mendukung perkembangan dan kesehatan si kecil dalam kandungan hingga lahir nantinya.

Tanda-tanda hamil 1 bulan yang dialami wanita

Untuk mengetahui Bunda benar-benar sudah hamil setelah menikah, maka Bunda perlu mengetahui seperti apa tanda-tanda awal kehamilan Bunda pastinya.

Karena, setiap wanita pastinya akan mengalami beberapa gejala saat di awal-awal kehamilannya, khususnya di 1 bulan pertama kehamilan. Walaupun, ada beberapa tanda kehamilan yang berbeda di antara ibu hamil, tapi tentunya akan tetap ada tanda umum yang dialami oleh ibu hamil 1 bulan.

Dengan informasi yang akan kami berikan di bawah ini, maka para wanita yang baru saja berumah tangga dan mendambakan kehadiran seorang bayi di keluarga kecilnya, perlu mengetahui beberapa tanda-tanda hamil 1 bulan ini. Agar nantinya, tanda-tanda bisa dengan mudah menjaga kehamilan dengan cepat dan tepat waktunya.

1. Masa haid yang terlambat

Tanda pertama pada wanita hamil 1 bulan itu adalah telat haid, yang pasti akan dialami oleh setiap wanita. Makanya, tanda pertama ini pun sudah menjadi acuan atau pengetahuan umum pada setiap wanita yang baru menikah untuk mengetahui dirinya sudah hamil atau belum.

Haid yang telah ini merupakan proses dimana darah yang biasanya keluar dari organ intim wanita ini tidak akan keluar selama proses pembuahan berlangsung dan berhasil. Dan, kondisi ini pun akan berlanjut hingga Bunda melahirkan bayi Bunda.

2. Perut yang kram seperti haid tapi yang keluar hanya bercak darah

Tanda berikutnya pada wanita yang hamil muda atau usia 1 bulan itu adalah perut terasa kram seperti haid, tapi keluar itu hanyalah bercak darah saja. Tapi, terkadang beberapa ibu hamil malah menganggap ini adalah haid biasa, dan dia tidak mengetahui kalau dirinya sedang hamil.

Kram perut itu pun biasanya akan hilang dengan sendirinya tanpa perlu melakukan pengobatan atau mengkonsumsi obat tertentu, dan akan kembali lagi nantinya.

3. Mual-mual sampai muntah (Morning Sickness)

Tanda berikutnya ini pasti sudah menjadi informasi publik yang paling banyak diketahui oleh wanita. Bahkan, di film-film televisi pun sudah banyak dipertontonkan, jika seorang wanita mual-mula hingga muntah, maka itu tandanya dia hamil.

Untuk para wanita yang memang mengalami tanda yang satu ini, dan merasa cukup mengganggu aktivitas hariannya, maka Bunda sebaiknya menghindari berbagai pemicu rasa mual tersebut, yang biasanya berasal dari bau-bauan dan juga makanan.

4. Kondisi fisik menjadi menurun

Tanda selanjutnya yang dialami oleh ibu hamil usia 1 bulan adalah kondisi fisiknya yang semakin hari menurun secara drastis. Kondisi ini pun bisa membuat wanita merasakan mudah kelelahan, walaupun hanya beraktivitas sedikit dan sebentar saja.

Kondisi ini pun masih terbilang kondisi normal dan umum dialami oleh ibu hamil usia 1 bulan. Untuk solusi mengatasinya adalah, cukup memperbanyak waktu istirahat dan mengkonsumsi makanan yang sehat untuk bisa meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh Bunda selama masa hamil muda ini.

Pastikan pula Bunda meningkatkan asupan cairan untuk tubuh agar tidak mudah mengalami dehidrasi.

5. Perubahan pada payudara dan sakit pinggul

Kondisi lainnya yang bisa menjadi tanda pada ibu hamil 1 bulan adalah perubahan payudara dan juga sakit pinggul. Rasa nyeri pada pinggul ini muncul dikarenakan efek dari proses pembuahan pada rahim Bunda.

Sedangkan perubahan pada payudara menjadi lebih padat dan kencang ini pun sebagai tanda umum dan normal di alami oleh wanita saat hamil 1 bulan.

Dan, perubahan payudara ini pun akan terus berlanjut hingga melahirkan dengan ukuran yang semakin hari semakin membesar, sebagai persiapan untuk menyusui nantinya.

6. Terjadi perubahan pada suhu tubuh

Tanda terakhir yang umum dan akan dialami oleh semua ibu hamil adalah perubahan pada suhu tubuhnya. Suhu tubuh di awal kehamilan itu akan mengalami peningkatan, sehingga ibu hamil akan merasa seperti sedang mengalami demam.

Hal ini bisa terjadi karena proses ovulasi dan juga menempelnya sel telur pada dinding rahim, yang mengakibatkan inflamasi dan tubuh Bunda pun akan merespon dengan peningkatan suhu tubuh.

Nah, itulah 6 tanda-tanda hamil 1 bulan yang umum dan pasti dialami atau dirasakan oleh semua ibu hamil usia 1 bulan.

Kalau ternyata dari beberapa tanda di atas, cukup membuat aktivitas ibu hamil terganggu atau berubah semakin berat, maka jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan Bunda agar bisa segera diberikan penanganan lebih lanjut.

Avatar
BioFar.ID Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.