BioFar.ID Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.

Tips Cepat Hamil Setelah Haid

Tips Cepat Hamil Setelah Haid

Setelah menikah, hal utama yang paling kamu nanti-nantikan bersama pasangan pastinya adalah kehadiran seorang bayi yang lucu dan imut. Untuk sebagian pasangan, memang akan mendapatkan kehamilan yang mudah, tapi tidak sedikit juga pasangan yang harus menunggu lama untuk bisa mendapatkan kehamilan tersebut.

Jika memang kamu adalah salah satu pasang yang sudah menunggu lama kehamilannya, maka sebaiknya kamu segera ke dokter untuk melakukan pemeriksaan kesuburan.

Cara cepat hamil setelah haid

Untuk kamu yang ingin cepat hamil, maka hal yang penting untuk kamu perhatikan itu adalah siklus haid. Karena, siklus haid itu bisa menjadi penanda mengenai tingkat kesuburan kamu untuk bisa cepat hamil. Untuk bisa cepat hamil setelah haid maka beberapa tips di bawah ini mungkin bisa cukup membantu kamu.

1. Hindari penggunaan alat kontrasepsi

Menggunakan alat kontrasepsi itu diperuntukkan untuk pasangan yang ingin menghambat atau menunda kehamilannya.

Maka dari itu, untuk kamu yang memang ingin cepat-cepat menimang momongan, sebaiknya menghindari pemakaian alat kontrasepsi ini, baik dalam bentuk pil KB atau pun yang lainnya.

2. Perhatikan siklus haid

Untuk wanita sendiri salah satu hal yang sangat penting untuk perhatiakn agar bisa cepat hamil itu adalah mengetahui siklus haidnya. Dengan mengetahui siklus haidmu, maka kamu pun bisa dengan mudah memperkirakan masa ovulasi. Lalu, kamu pun bisa menghitung hari dalam masa siklus haid tersebut.

Masa subur seorang wanita itu berada pada 14 hari pertama pasca haid terakhir, untuk yang mengalami siklus haid selama 28 hari. Agar kamu dan pasangan bisa mendapatkan hasil maksimal atau terbaik, maka lakukanlah hubungan intim setiap 48 jam sekali selama 4 sampai 5 hari berturut-turut di mulai dari hari ke -14 setelah haid tersebut.

3. Memeriksa lendir serviks

Selain siklus haid, hal selanjutnya yang perlu untuk kamu perhatikan jika ingin cepat hamil itu adalah lendir yang keluar dari serviks setelah siklus haid. Di hari ke 12 sampai 16 setelah haid terakhir, biasanya sekresi akan terlihat berwarna putih seperti pada putih telur yang masih mentah.

Jika sudah terlihat seperti demikian, maka itu adalah saat yang tepat untuk kamu melakukan hubungan intim dengan pasangan agar bisa cepat hamil.

3. Ukur suhu tubuh basal dengan termometer digital

Biasanya peningkatan suhu tubuh basal itu terjadinya di pagi hari. Cobalah mengukurnya dengan menggunakan termometer digital untuk bisa memastikannya. Jika memang suhu tubuhmu mengalami peningkatan, maka itu adalah saat yang tepat untuk melakukan hubungan intim dengan pasangan.

Selain hal di atas, ada juga beberapa hal lain yang perlu kamu persiapkan dalam menyambut masa kehamilanmu nantinya, yaitu sebagai berikut :

4. Perhatikan nutrisi

Nutrisi adalah salah satu hal yang sangatlah penting untuk dipenuhi baik sebelum hamil dan juga saat hamil. Nutrisi ini sangatlah penting untuk tubuhmu dan juga nantinya dipersiapkan untuk janin di dalam kandungan.

Untuk mendapatkan nutrisi yang sehat dan bergizi tersebut, maka kamu sebaiknya memilih makanan, seperti sayur, buah, daging yang rendah lemak, dan beberapa asupan nutrisi lainnya.

5. Hindarilah stres

Saat kamu stres, maka tingkat hormonal dalam tubuhmu pun akan menjadi tidak seimbang. Hal ini pun bisa mengacaukan sistem metabolisme di dalam tubuh dan juga proses pertumbuhan dan perkembangan pada janin.

Awal kehamilan itu merupakan masa yang paling rentan, karena memang di masa itulah janin dalam masa pembentukan.

6. Buat hidup nyaman dan bahagia

Dengan pikiran yang tenang dan bahagia, maka akan tercipta kehidupan yang nyaman pastinya. Dengan hilangnya semua pikiran negatif yang mengganjal, maka sistem metabolisme dalam tubuhmu pun akan mulai menjadi lebih lancar dan lebih baik lagi.

Jika semuanya sudah normal, maka proses pembuahan dan juga pembentukan janin di dalam rahim pasti akan lebih lancar dan baik.

Untuk bisa mendapatkan kehamilan setelah haid, hal yang perlu untuk kamu ketahui juga adalah kesiapan dari tubuhmu sendiri. Dengan mencermati semua informasi yang ada di situs BioFar.ID ini, maka keinginan kamu untuk bisa cepat hamil pun pasti akan terwujud dengan segera, amin.

Avatar
BioFar.ID Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.