Seperti Ini Pola Tidur pada Bayi 0 Sampai 12 Bulan

Setiap bayi tentunya memiliki pola tidur yang berbeda-beda dari yang lainnya. Tidak hanya itu saja, pola tidur pada bayi ini pun dipengaruhi oleh usia bayi. Bayi yang baru lahir biasanya memiliki waktu tidur yang lebih lama dibandingkan dengan bayi yang usianya lebih tua atau pun orang dewasa pada umumnya.

Bayi yang baru lahir itu memang akan lebih banyak tidurnya. Dan dia pun baru akan terbangun jika dia sudah merasa kelaparan, terganggu, popok yang basah atau pun buang air besar. Tapi, selain dari pada itu, bayi akan tertidur saja.

Pola tidur bagi bayi di bawah 1 tahun

Pola tidur bayi

Untuk para Bunda yang memang memiliki pengalaman pertama dalam merawat bayinya, maka Bunda tentunya belum mengetahui bagaimana pola tidur pada si kecil. Karena memang pola tidur orang dewasa dengan bayi itu akan sangat jauh berbeda.

Seperti apa pola tidur untuk bayi di bawah 1 tahun? Silahkan Anda simak selengkapnya di bawah ini:

Bayi 0-2 Bulan

Bayi yang usianya itu masih berada di antara 0 sampai 2 bulan, maka waktu tidur yang dia butuhkan dalam sehari itu adalah 16 jam. Namun, lama waktu tidur tersebut tentunya tidak terus menerus, melainkan terbagi lagi. Untuk estimasi pembagian waktu tidur pada bayi dengan usia 0 sampai 2 bulan ini adalah sebagai berikut :

  • Tidur siang selama 7,5 jam
  • Tidur malam selama 8,5 jam

Bayi Umur 3 Bulan

Saat bayi sudah mulai beranjak memasuki usia 3 bulanan, perubahan waktu tidurnya itu hanya berkurang 1 jam saja, dari 16 jam menjadi 15 jam di usia ini. Untuk estimasi pembagian waktu tidur pada bayi yang berusia 3 bulan ini, silahkan Bunda lihat di bawah:

  • Tidur siang selama kurang lebih 5 jam
  • Tidur malam selama kurang lebih 10 jam
Baca juga:  Begini Ciri-Ciri Wanita yang Hamil Bayi Laki-Laki

Bayi Umur 4-5 Bulan

Di usia bayi yang sudah menginjak 4 sampai 5 bulan ini, jumlah waktu tidurnya itu memang masih sama dengan bayi usia 3 bulan di atas, yaitu 15 jam. Akan tetapi, untuk estimasi pembagian waktunya itu ada yang mengalami perbedaan.

Untuk lebih jelasnya silahkan Bunda lihat sendiri estimasi pembagian waktu tidur pada bayi usia 4 sampai 5 bulan di bawah ini :

  • Bayi tidur siang selama kurang lebih 4 jam
  • Untuk tidur malamnya kurang lebih selama 11 jam

Bayi Umur 6 Bulan

Pada bayi yang sudah bisa diberikan asupan makanan pendamping ASI (MPASI) ini, maka waktu tidurnya itu berkurang menjadi 14,5 jam saja.

Walaupun memang berbeda sedikit, tapi memang waktu tidur pada bayi di usia ini akan mengalami penurunan. Dikarenakan, bayi yang sudah memasuki usia 6 bulan ini biasanya sudah mulai bisa diajak untuk bermain dan berinteraksi. Untuk estimasi waktu tidur bayi 6 bulan itu adalah sebagai berikut :

  • Tidur siang sebanyak 4, 5 jam
  • Tidur malam sebanyak 10 jam

Bayi Usia 7-8 Bulan

Pada bayi yang sudah menginjak usia 7 sampai 8 bulan, maka waktu tidurnya itu hanya terbatas pada 14 jam saja. Pembagian untuk estimasi waktu tidur bayi usia 7 sampai 8 bulan ini adalah sebagai berikut :

  • Tidur siang selama 4 jam
  • Tidur malam selama 10 jam

Bayi Umur 9 Bulan

Saat bayi sudah menginjak usia 9 bulan, waktu tidurnya itu masih sama dengan saat dia berusia 7 dan 8 bulan. Karena, memang perbedaan antara bulan tersebut tidaklah terpaut cukup jauh.

Sehingga, waktu tidur pada bayi pun tidak mengalami perubahan yang cukup signifikan. Hanya saja, perubahan tersebut ada pada pembagian waktu tidurnya dengan estimasi sebagai berikut :

  • Tidur siang selama kurang lebih 3 jam
  • Tidur malam selama kurang lebih 11 jam
Baca juga:  Berat Badan Ideal Bayi dan Anak-anak Sampai Usia 3 Tahun

Bayi Usia 10-11 Bulan

Di usia ini bayi biasanya sudah sangat aktif bermain saat pagi sampai sore hari. Sehingga waktu tidur malam harinya pun akan lebih banyak dibandingkan dengan siang harinya.

Jumlah waktu tidur pada bayi dengan usia 10 sampai 11 bulan ini sekitar 13,5 jam. Estimasi pembagian waktu tidur pada bayi yang sudah menginjak usia 10 sampai 11 bulan adalah sebagai berikut :

  • Tidur siang kurang lebih 2,5 jam.
  • Tidur malam memiliki waktu tidur kurang lebih 11 jam.

Bayi Umur 12 Bulan (1 tahun)

Usia bayi yang sudah menginjak waktu 1 tahun, maka dia akan lebih lincah dan aktif pastinya. Di usia ini biasanya bayi sudah bisa merangkak dan bahkan ada yang sudah bisa berjalan. Hal ini pun tentunya akan berpengaruh drastis pada waktu tidurnya, khususnya pada siang hari.

Waktu tidur pada bayi yang berusia 1 tahunan ini biasanya hanya selama 13 jam saja, dengan pembagian estimasi waktu sebagai berikut :

  • Tidur siang sekitar 2 jam saja bahkan bisa kurang
  • Tidur malam 11 jam atau bisa juga lebih

Nah, seperti itulah kira-kira estimasi waktu tidur pada bayi yang berusia 0 sampai 12 bulan. Dengan informasi tersebut, Bunda tentunya sudah lebih memahami kebiasaan dari si kecil, khususnya untuk waktu tidurnya tersebut.

BioFar.ID

Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.

Apa komentar kamu?

Back to top button