BioFar.ID Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.

Tips Untuk Ibu Hamil di Trimester Ketiga

Hamil di trimester ketiga

Memasuki masa kehamilan di trimester ketiga, maka ibu hamil perlu mempersiapkan beberapa hal untuk menjelang masa persalinan yang sudah dinanti-nantikan.

Di trimester ketiga kehamilan ini pun, ibu hamil biasanya akan mengalami beberapa keluhan pada kehamilannya. Walaupun memang keluhan-keluhan tersebut bersifat umum dan normal di alami oleh beberapa ibu hamil, tapi tentunya akan cukup mengganggu juga pada aktivitas sehari-hari.

Tips untuk ibu hamil di trimester ketiga

Dengan adanya keluhan-keluhan tersebut, waktu untuk mempersiapkan persalinan tentunya akan terganggu. Maka dari itu, untuk para ibu hamil yang ingin tetap nyaman dan siap dalam menjalani masa kehamilan di trimester ketiga ini dan lancar dalam mempersiapkan segala hal menjelang persalinan.

Beberapa tips di bawah ini perlu untuk ibu hamil terapkan.

1. Bunda harus mengetahui setiap pergerakan dari bayi di dalam kandungan

Selama Bunda hamil, janin yang ada di dalam rahim Bunda tentunya mengalami perubahan baik pada pertumbuhan dan juga perkembangannya setiap waktu.

Bunda pastinya akan merasakan hal-hal yang berbeda setiap waktunya, melalui pergerakan dari si kecil yang mulai berubah seiring pertumbuhan tubuhnya.

2. Pelajari mengenai antenatal kepada dokter atau pun bidan kandungan Bunda

Di trimester ketiga ini, ada yang dinamakan dengan janji antenatal, yang mana Bunda harus bisa lebih banyak melakukan konsultasi dengan dokter atau pun bidan kandungan Bunda untuk bisa mengetahui tentang persiapan yang perlu dilakukan dalam menjelang persalinan, cara mengatasi rasa nyeri saat persalinan, sekaligus perkembangan dari kehamilan serta janin di dalam kandungan Bunda.

3. Coba dengan melakukan beberapa gerakan peregangan yang ringan

Saat usia kehamilan menginjak trimester ketiga, ibu hamil bisa mengikuti kelas senam hamil. Di dalam kelas tersebut Bunda akan diajarkan berbagai metode pernapasan saat melahirkan serta peregangan yang penting untuk dilakukan dalam mempersiapkan kelahiran dari bayi Bunda.

4. Berbicara dengan bayi di dalam rahim sambil mengel-elus perut Bunda

Ini merupakan cara yang paling baik untuk dilakukan agar Bunda bisa merasakan lebih dekat dengan si kecil sejak dini.

Cara ini pun bisa membantu Bunda untuk mengetahui pergerakan dari bayi, bahkan Bunda akan merasakan beberapa pergerakan kecil, seperti tendangan dari si kecil untuk menanggapi elusan tangan Bunda tersebut.

5. Ketahui mengenai tahapan persalinan

Tahapan dari masa persalinan ini tentunya bisa Bunda tanyakan langsung kepada Dokter kandungan atau pun bidan yang akan menangani persalinan Bunda nantinya.

Walaupun, memang yang akan diinformasikan itu adalah tahapan secara umum saja, tapi itu bisa menjadi pegangan bagi Bunda dalam mempersiapkan segala hal sebelum menjelang masa persalinan. Sehingga, Bunda pun nantinya tidak perlu lagi kerepotan dalam mempersiapkan segalanya saat masa persalinan sudah semakin dekat.

6. Ketahuilah mengenai kontraksi kehamilan

Kontraksi ini kadang membuat hamil bingung, yang mana kontraksi yang asli dan mana yang palsu. Untuk itu, Bunda perlu mengetahui yang mana kontraksi Braxton Hicks Bunda agar bisa mempermudah Bunda nantinya dalam membedakan tanda-tanda dari persalinan.

7. Jangan melakukan aktivitas yang berat

Olahraga pada ibu hamil memang tetap perlu dilakukan, untuk bisa menjaga kondisi kesehatan dan kebugaran tubuh, khususnya saat menjelang persalinan.

Akan tetapi, Bunda harus mengetahui jenis olahraga yang baik dan aman untuk ibu hamil, agar bisa terhindar dari resiko yang berbahaya.

8. Hindari untuk berkendara dalam jarak yang jauh dan juga naik pesawat

Di trimester ketiga ini, Bunda sebaiknya menghindari bepergian atau melakukan perjalanan yang jauh. Apalagi kalau Bunda harus duduk berlama-lama sambil terguncang.

Naik pesawat pun di trimester ketiga ini sebaiknya tidak Bunda lakukan dulu. Karena, saat pesawat mencapai ketinggiannya, maka itu bisa membuat Bunda dan juga bayi di dalam kandungan mengalami kekurangan oksigen dan sulit bernapas.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kami sampiakan kepada para ibu hamil sudah mendekati masa persalinannya atau memasuki trimester ketiga kehamilan. Di trimester ketiga ini, posisi dan juga ukuran dari bayi akan menjadi semakin besar, sehingga membuat Bunda merasakan hal yang tidak nyaman, bahkan sampai merasa lelah dan ingin segera melahirkan.

Untuk itu, sangat penting dalam menjaga masa kehamilan di trimester ketiga ini, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak Bunda inginkan sebelum masa persalinan yang telah ditentukan oleh dokter tiba. Bunda tentunya tidak ingin mengalami hal yang buruk pada kehamilan Bunda yang sudah semakin dekat dengan masa persalinan tersebut.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan pada artikel kali ini. Semoga dengan informasi di atas, para ibu hamil diharapkan bisa lebih menjaga kehamilannya dengan baik dan mempersiapkan masa persalinan dengan lebih cermat pula.

Avatar
BioFar.ID Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.