Cara Merawat Bayi Baru Lahir yang Baik dan benar, Bunda Wajib Tau!

3 min read

CARA MERAWAT BAYI BARU LAHIR – Bayi sangat rentan terhadap penyakit. Oleh karenanya, ia membutuhkan perhatian intensif dari kedua orangtuanya. Membaca buku dan berlangganan majalah tentang perawatan anak akan sangat membantu orangtua mengetahui informasi yang berkaitan dengan perawatan anak-anak mereka.

Apabila terjadi kelainan atau tanda-tanda yang kurang baik pada buah hati Anda, jangan menunda waktu, segera(ah periksakan ke dokter. Beberapa penyakit yang sering menjangkiti balita antara lain, sebagai berikut:

  • Sembelit
    Bisa diatasi dengan memberikan sari buah atau sayur yang disaring. lni bisa diberikan apabila bayi sudah berusia 3 bulan lebih.
  • Diare
    Dapat diatasi dengan meminumkan oralit (obat berupa bubuk garam yang dicairkan sebagai pengganti mineral). Di samping itu, perlu dicari tahu penyebab’ nya terlebih dahulu. Diare bisa terjadi karena campuran susu yang tidak seimbang, susu kedaluwarsa, makanan tidak bersih, dan sebagainya. Jika diare pada anak tidak kunjung sembuh, segera periksakan ke dokter.
  • Biang keringat
    Bila buah hati Anda mengalami biang keringat, bawa ia ke ruangan yang lebih sejuk, lalu selimuti dengan selimut tipis. Selanjutnya jangan lupa memberi bedak atau serbuk jagung pada bagian tubuh yang terkena biang keringat.
  • Muntah-muntah
    Jika buah hati Anda sekadar muntah-muntah, biasanya disebabkan terlalu banyak makanan dalam mulutya. Cara mengatasinya dengan menepuk punggung dam menyandarkannya di dada ibunya. Jika muntahnya disertai diare, itu adalah muntaber, muntah disertai berak (buang air besar). Segera beri oralit dan periksakan ke dokter.

Cara Merawat Bayi Baru Lahir dalam Hal Nutrisi

Cara Merawat Bayi Baru Lahir dalam Hal Nutrisi
©pixabay.com

Hal yang sangat panting bagi kesehatan bayi adalah pencegahan penyakit. Pencegahan dapat dilakukan melalui pemberian makanan sehat dan pemeliharaan lingkungan yang steril. Makanan sehat yang paling mama bagi bayi adalah ASI. Oleh karena itu, pastikan ASI diberikan sebagai makanan utama sampai sekurang-kurangnya usia 6 bulan, dan lebih baik sampai usia 2 tahun meskipun jumlah dan frekuensinya dikurangi perlahan-lahan.

Cara merawat bayi baru lahir yang perlu diperhatikan adalah mengenai makanan tambahan selain ASI, hanya bisa diberikan setelah bayi berusia 6 bulan. Jangan langsung memberi bermacam-macam makanan tambahan pada bayi. Pemberian makanan tambahan harus bertahap. Misalnya, berikan bubur terlebih dahulu. Setelah beberapa minggu bisa ditambah lagi dengan buah, kentang, sayuran, dan sebagainya secara bertahap.

Meskipun sudah mengonsumsi bubur bayi dan susu instan yang berlabel plus vitamin lengkap, pemberian vitamin untuk bayi tetap harus diperhatikan. Umumnya, kandungan vitamin C, D, dan zat besi dalam susu instan masih kurang. Oleh karena itu, tetap perlu pemberian vitamin. Untuk vitamin C bisa ditambahkan dan air jeruk atau air tomat dan buah-buahan lain.

Cara Merawat Bayi untuk Kecerdasan dan Kreativitasnya

Cara Merawat Bayi untuk Kecerdasan dan Kreativitasnya
©pixabay.com

Seperti disinggung di bagian tulisan sebelumnya, kecerdasan dan kreativitas anak memang bisa dipengaruhi faktor genetis dari kedua orangtuanya. Namun perlakuan selama masa perkembangan juga sangat penting. Oleh karenanya, beberapa hal berikut patut diperhatikan:

  • Terus kawal buah hati Anda meski ia sudah memasuki masa sekolah. Pengaruh buruk sangat mungkin datang dari lingkungan sosial, televisi, dan sebagainya. Namun bukan berarti Anda harus mengisolasinya, anak Anda tetap butuh kebebasan mengembangkan potensinya. Langkah yang paling pas adalah mendampinginya.
  • Penuhi lingkungannya dengan mainan agar proses pengamatannya lebih banyak.
  • Pastikan ia merasakan kasih sayang Anda. la membutuhkan kontak dengan Anda dalam berbagai aktivitasnya. Temani dan ajak ia berbicara untuk merangsang kemampuan verbalnya.
  • Latihlah ia agar jujur dan disiplin. Beri pujian dan hadiah atas kebaikan dan keberhasilannya. Begitu juga, beri hukuman untuk kesalahannya, tetapi hindari mengeluarkan kata-kata kasar dan serapah ketika menghukumnya.
  • Jangan larang buah hati Anda dengan cara ditakut-takuti. Alihkan perhatiannya jika Anda tidak berkenan menuruti permintaannya.
  • Jangan lelah menjawab pertanyaannya.
  • Dorong buah hati Anda mm selalu percaya din’ dan ramah kepada teman.
  • Ajarkan sejak dini kepadanya untuk menghormati teman dan orang lain.
  • Pastikan Anda paham tahap perkembangan dan kecenderungan kemampuannya sebelum menerapkan bermacam permainan untuk buah hati Anda.
  • Baca beraneka macam majalah dan buku. Selain itu, konsultasikan kepada dokter anak mengenai segala perkembangannya.
  • Ajarkan anak Anda menunda keinginan-keinginannya demi mencapai tujuan yang lebih panjang.

Hal yang Harus Diperhatikan Orang Tua dalam Mendidik Anaknya

Hal yang Harus Diperhatikan Orang Tua dalam Mendidik Anaknya
©pixabay.com

Sebagai tambahan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan orangtua mengenai cara merawat bayi, sebagaimana ditulis oleh Dorothy Law Nolte, seorang doktor, pendidik, dan penceramah mengenai pendidikan kehidupan berkeluarga. Beliau menuliskan beberapa hal berikut:

  • Kalau anak-anak banyak dikritik dalam kehidupannya, mereka akan belajar mengutuk.
  • Kalau anak-anak banyak mengalami permusuhan dalam kehidupannya, mereka akan belajar berseteru. Kalau anak-anak banyak mengalami ketakutan dalam kehidupannya, mereka akan belajar prihatin.
  • Kalau anak-anak banyak dicemooh dalam kehidupannya, mereka akan belajar menjadi pemalu.
  • Kalau anak-anak banyak mengalami kecemburuan dalam kehidupannya, mereka akan belajar iri hati. Kalau anak-anak banyak mengalami hal yang memalukan dalam kehidupannya, mereka akan belajar merasa bersalah.
  • Kalau anak-anak banyak diberikan dorongan dalam kehidupannya, mereka akan belajar percaya diri. Kalau anak-anak merasakan toleransi dalam kehidupannya, mereka akan belajar sabar.
  • Kalau anak-anak banyak dipuji dalam kehidupannya, mereka akan belajar menghargai.
  • Kalau anak-anak merasa diterima dalam kehidupannya, mereka akan belajar mengasihi.
  • Kalau anak-anak merasa didukung dalam kehidupannya, mereka akan belajar menyukai diri sendiri. Kalau anak-anak merasa diakui dalam kehidupannya. mereka akan belajar bahwa mempunyai sasaran itu baik. Kalau anak-anak dibiasakan berbagi dalam kehidupannya, mereka akan belajar bermurah hati.
  • Kalau anak-anak dibiasakan jujur dalam kehidupannya, mereka akan belajar mengatakan yang sebenarnya
  • Kalau anak-anak merasakan keadilan dalam kehidupannya, mereka akan belajar bersikap adil.
  • Kalau anak-anak banyak diberikan kemurahan dan pertimbangan dalam kehidupannya, mereka akan belajar menghormati.
  • Kalau anak-anak merasa tenteram dalam kehidupannya, mereka akan belajar percaya kepada diri sendiri maupun orang-orang di sekeliling mereka.
  • Kalau anak-anak merasakan persahabatan dalam kehidupannya, mereka akan belajar bahwa dunia ini tempat tinggal yang menyenangkan.

Demikianlah cara merawat bayi yang baru lahir (usia 0 – 6 tahun) yang perlu diketahui oleh bunda, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *