Keluhan Umum di Trimester Ketiga Kehamilan

Menantikan masa kehamilan tentunya adalah saat-saat yang paling berharga bagi hidup Bunda. Apalagi setelah melakukan check up dan memang Bunda sudah positif hamil, maka ini bukan lagi kebahagian Bunda sendiri, melainkan bersama semua keluarga.

Menjalani masa kehamilan itu maka Bunda harus melalui 3 tahapan atau disebut dengan trimester. Tiga tahapan tersebut adalah trimester pertama, kedua, dan ketiga. Masing-masing trimester memiliki beberapa kondisi yang akan ibu hamil alami tentunya.

Dan, untuk artikel kali ini, kita akan membahas mengenai keluhan di trimester ketiga kehamilan.

Keluhan kehamilan di trimester ketiga

Trimester ketiga ini memang sangatlah penting untuk ibu hamil, karena di masa ini, ibu hamil sudah harus bersiap-siap untuk menjalani masa persalinan yang semakin dekat. Di trimester ketiga kehamilan ini pun, banyak ibu hamil yang merasakan kurang nyaman pada dirinya, sehingga bermunculanlah berbagai macam keluhan.

Untuk itu, kami sudah mengumpulkan beberapa keluhan yang umum dialami oleh ibu hamil saat memasuki usia kehamilan di trimester ketiga ini. Keluhan-keluhan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Konstipasi

Keluhan di trimester ketiga kehamilan yang pertama ini memang terbilang cukup sering dialami oleh para ibu hamil, saat usia kehamilannya menginjak 7 bulanan. Keluhan ini sebenarnya adalah hal normal dialami oleh para ibu hamil, yang mana disebabkan oleh kondisi rahim dan janin yang semakin membesar, sehingga akan terus mendorong bagian usus ke arah samping dan terhimpit.

Untuk bisa mengatasi permasalahan ini, maka ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat tinggi, dan memperbanyak minum air putih, sekurang-sekurangnya itu 8 gelas setiap hari atau setara dengan 2 liter air.

  • Nyeri punggung

Keluhan kedua di trimester ketiga kehamilan yang juga termasuk umum dialami oleh ibu hamil dan masih tergolong normal adalah nyeri pada bagian punggung. Tekanan pada daerah punggung ini memang akan semakin terasa saat usia kehamilan menginjak trimester ketiga.

Di mana kondisi ini kemungkinan besar disebabkan oleh pergesaran dari tulang punggung ibu hamil dan juga membuat ligamen yang melekat pada tulang-tulang itu menjadi mengendur. Semakin tua usia kehamilan Bunda, maka ibu hamil tentunya akan lebih sering mengalami sensasi-sensasi pinggul seperti ini, dan itu adalah kondisi normal.

  • Perubahan buah dada

Buah dada (payudara) pada ibu hamil yang menginjak usia trimester ketiga kehamilan itu pastinya akan semakin membesar. Hal ini pun kondisi normal dan tidak perlu untuk Bunda khawatirkan.

Ada pula beberapa ibu hamil yang sudah mulai memproduksi ASI dan bisa juga sampai bocor. Makanya, ada beberapa ibu hamil yang biasanya terlihat basah pada daerah dadanya.

  • Sering mengalami pusing

Kondisi ini biasanya dipengaruhi oleh kadar gula dalam darah yang rendah. Kondisi ini pun kadang terjadi saat ibu hamil menjalani aktivitas yang berlebihan dan juga saat berdiri secara tiba-tiba setelah duduk atau baring lama. Bahkan, kondisi ini pun bisa membuat ibu hamil sampai pingsan.

Untuk bisa mengatasi kondisi tersebut, maka ibu hamil sebaiknya memperbanyak waktu istirahat, hindari gerakan yang tiba-tiba, dan pastikan mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang tinggi.

  • Nyeri pada organ genital

Di trimester ketiga ini, para ibu hamil juga akan mengalami nyeri pada bagian organ genitalnya. Hal ini pun terbilang normal terjadi, karena kondisi rahim dan janin yang semakin membesar, sehingga harus menekan serviks dan juga leher rahim.

  • Nyeri pada selangkangan

Kondisi ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang di atas, akan tetapi, nyeri pada selangkangan ibu hamil di usia kehamilan trimester ketiga ini baru terjadi saat ibu hamil bersin, tertawa keras, berbalik, mengubah posisi, dan batuk.

Kondisi ini terjadi karena adanya peregangan pada ligamen yang menempel pada rahim dan juga panggul ibu hamil. Trik untuk mengatasinya itu adalah dengan mengatur atau pun merubah posisi tubuh agar bisa meringankan rasa sakit tersebut.

Baca juga:  Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Nyaman, Aman dan Baik Untuk Kandungan
  • Dehidrasi

Kondisi yang satu ini biasanya merupakan pertanda kalau tubuh Bunda itu kekurangan asupan cairan. Cara mengatasinya itu cukup dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih setiap harinya.

Hal ini pun berkaitan dengan kondisi pertama di atas, yaitu konstipasi yang salah satu penyebabnya adalah dehidrasi.

  • Sering buang air kecil

Kalau Bunda mengalami keluhan di trimester ketiga kehamilan ini, maka sebaiknya jangan mengurangi asupan air minumnya ya! Karena, sering buang air kecil saat hamil itu juga adalah kondisi yang wajar dan umum di alami oleh para ibu hamil. Di mana kondisi terjadi akibat adanya peningkatan dari tekanan pada kantung kemih ibu hamil.

Janganlah coba-coba untuk menahan kencing Bunda, karena itu bisa menimbulkan gangguan kesehatan lainnya seperti, infeksi pada saluran kemih sehingga bisa memicu kontraksi dini.

  • Lambung terasa nyeri dan panas

Tekanan dari perut dan rahim yang menuju ke bagian atas, akan membuat lambung sering merasakan nyeri dan panas. Kondisi ini biasanya dipengaruhi karena posisi tidur yang salah.

  • Merasa kesal, atau sedih tiba-tiba

Hal ini pasti sering Bunda rasakan saat usia kehamilan sudah menginjak trimester ketiga. Hal ini pun akan menimbulkan perasaan yang campur aduk, sehingga kadang memperlihatkan kondisi senang, sedih, depresi, sampai sering marah-marah.

Perubahan tersebut bisa terjadi karena adanya kondisi hormonal yang meningkat saat hamil.

BioFar.ID

Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.

Apa komentar kamu?

Back to top button