BioFar.ID Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.

3 Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita

Wanita subur

Kesuburan pada wanita ini bisa kita lihat dari kualitas sel telur yang berasal dari wanita. Sel telur ini diproduksi tiap bulannya. Para wanita juga harusnya mengetahui kapan waktu suburnya tiba, sehingga bisa mengukur waktu yang tepat untuk melakukan fertilize.

Untuk itu para wanita sebaiknya membaca artikel yang telah kami tulis sebelumnya dengan judul “Cara menghitung masa subur wanita”. Setelah Anda mengetahui kapan waktu subur Anda dan waktu yang tepat untuk melakukan fertilisasi, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah cara meningkatkan kesuburan Anda sebagai wanita.

Nah, cara meningkatkan kesuburan wanita tersebut akan kami rangkum dalam 3 metode di bawah ini.

1. Konsumsi makanan yang meningkatkan kesuburan

Makanan yang meningkatkan kesuburan
honestdocs.id

Para wanita harus tahu juga akan hal ini, yaitu tentang makanan yang cocok untuk Anda konsumsi yang bisa membuat kesuburan Anda meningkat. Ada 3 jenis nutrisi yang penting untuk Anda ketahui sebelum menentukan makanan yang ingin Anda konsumsi untuk kesuburan.

Tiga jenis nutrisi tersebut meliputi Asam Folat, Zat Besi, dan juga Vitamin E. Ketiga jenis makanan tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah dari dalam makanan-makanan berikut ini :

  • Susu, keju, yogurt, dan es krim

Dalam 4 jenis makanan ini yaitu keju, susu, yogurt dan juga ice cream ada nutrisi yang sangat penting untuk Anda jaga untuk mempersiapkan dan juga meningkatkan kesuburan para wanita yaitu kalsium. Kalsium dalam hal ini sangat membantu para ibu hamil untuk memperkuat tulang untuk wanita serta janinnya nanti.

Untuk lebih menambah jumlah kalsium Anda sehari-hari, maka Anda perlu memperkaya asupan makanan seperti susu, yogurt, ice cream dan juga keju tersebut. Untuk Anda para wanita yang masih dalam program untuk bisa cepat hamil konsumsi kalsium harian yang perlu Anda penuhi adalah 1000 miligram atau bisa disetarakan dengan 8 ons susu.

Untuk Anda yang memiliki berat badan ideal atau normal sebaiknya Anda mengkonsumsi susu yang memiliki kandungan lemak yang tinggi. Karena beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa susu yang rendah lemak ternyata memiliki kandungan kalsium yang rendah.

  • Karbohidrat kompleks

Karbohidrat merupakan nutrisi yang sangat diperlukan tubuh untuk menambah tenaga. Tapi, ternyata beberapa orang beranggapan bahwa karbohidrat ini bisa membuat Anda semakin membengkak atau bobot berat badan bertambah.

Inilah yang menyebabkan banyak wanita yang ingin hamil malah menghindari untuk mengkonsumsi karbohidrat ini. Karbohidrat memang bisa membuat tubuh Anda membesar jika tidak diimbangi dengan olahraga yang rutin. Namun, jika Anda memang kurang berolahraga maka Anda bisa menggunakan karbohidrat yang kompleks untuk dikonsumsi seperti Biji-bijian.

Karbohidrat yang terdapat dalam biji-bijian ini tidak seperti pada karbohidrat yang ada pada nasi dan juga roti. Tetapi karbohidrat pada biji-bijian malah bisa membantu meningkatkan kesuburan Anda.

Karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian, tidak hanya sehat, tetapi dapat membantu meningkatkan kesuburan, tidak seperti karbohidrat yang ditemukan dalam roti olahan dan nasi putih.

Ketika Anda mengonsumsi karbohidrat olahan, maka kadar gula darah dan insulin meningkat. Hal ini dapat mengganggu hormon yang bertanggung jawab untuk reproduksi, yang dapat menunda atau mencegah pembuahan.

  • Buah dan sayuran berwarna cerah

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa buah dan juga sayuran adalah sumber dari asupan gizi yang sangat penting bagi tubuh. Buah dan sayuran ini tentu kaya akan nutrisi, vitamin, mineral yang semuanya merupakan bagian yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Untuk wanita yang ingin cepat hamil tentunya sayuran dan buah ini memiliki kandungan yang banyak dalam meningkatkan kesuburan Anda. Pilihlah sayuran dan buah yang memiliki warna cerah. Semakin cerah warna dari buah dan sayuran tersebut maka kandungan nutrisi di dalamnya akan semakin banyak.

  • Daging ayam

Zat besi yang merupakan nutrisi yang juga sangat dibutuhkan oleh tubuh bisa Anda dapatkan dari daging-dagingan seperti salah satunya adalah daging ayam ini.

Tidak hanya zat besi saja, protein yang terkandung dalam daging ayam juga bagus untuk meningkatkan kesuburan pada wanita yang ingin cepat hamil. Mengkonsumsi zat besi ini tidak hanya untuk masa vertilisasi saja, tetapi pada masa hamil ini juga sangat penting untuk Anda.

Pasalnya telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa, wanita yang kurang mengkonsumsi zat besi mengalami kemandulan. Tapi, yang harus Anda perhatikan adalah jumlah lemak yang terkandung di dalamnya. Jadi, sebaiknya olahan daging ayam bakar yang sangat cocok untuk Anda konsumsi.

  • Telur

Telur sendiri dalam hal ini memiliki kandungan yang kaya akan vitamin dan juga nutrisi yang penting untuk wanita untuk meningkatkan kesuburan.

Kolin yang ada di dalam telur ini sangat dibutuhkan oleh tubuh wanita sebelum dan juga saat memasuki masa hamil. Kandungan kolini akan mampu meningkatkan kemampuan tubuh Anda dalam menyerap asam folat dengan cepat.

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan juga biji-bijian yang memiliki kandungan karbohidrat yang rendah lemak bisa Anda konsumsi. Selain itu biji-biji dan kacang-kacangan ini banyak mengandung Omega-3 yang baik untuk meningkatkan kesuburan wanita serta pertumbuhan otak bayi kelak.

Dua jenis makanan ini juga mengandung yang namanya antioksidan yang bisa membantu tubuh wanita dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun ini ternyata tidak bisa dianggap remeh. Kandungan nutrisi yang ada dalam minyak zaitun ini ternyata adalah Omega-3 yang sangat berpengaruh penting dalam kesuburan wanita.

2. Mempertahankan kualitas istirahat

Istirahat yang cukup
indozone.id

Istirahat yang cukup dapat memberikan kondisi tubuh yang bugar dan sehat. Tidak hanya itu saja, istirahat yang cukup bisa untuk mengurangi tingkat stress para wanita, yang juga menjadi penyebab wanita untuk sulit hamil.

Olahraga dan juga aktivitas yang rutin dapat membuat kualitas istirahat Anda bisa menjadi lebih baik. Untuk itu diperlukan juga olahraga secara rutin dalam meningkatkan kesuburan para wanita.

3. Hindari hal ini

Ada beberapa hal yang harus Anda hindari jika ingin cepat hamil yaitu rokok, alkohol, narkoba, junk food, dan kafein yang terlalu banyak.

Kelima hal ini bisa membuat Anda memang sulit untuk hamil, karena langsung mempengaruhi sel telur wanita. Kelima hal ini bahkan tidak ada sama sekali manfaat baiknya pada tubuh, jadi untuk apa Anda konsumsi.

Avatar
BioFar.ID Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.