Ini Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat, Bukan Nyuntik Atau Kasih Resep Obat Lho

2 min read

Jurusan kesehatan masyarakat

Jurusan Kesehatan Masyarakat? Mungkin sebagian dari kita sudah mengetahui bahwa jurusan kuliah Kesehatan Masyarakat sangat erat kaitannya dengan Kesehatan Masyarakat. Kesehatan Masyarakat adalah program studi yang secara umumnya mempelajari tentang kondisi kesehatan masyarakat berdasarkan lingkungannya, mengenali berbagai penyakit yang menjangkit di lingkungan masyarakat, dan mengenali perilaku masyarakat itu sendiri.

Prospek kerja jurusan Kesehatan Masyarakat ini memiliki peluang kerja yang sangat luas, baik itu bekerja di sektor Pemerintahan maupun swasta. Kesehatan Masyarakat juga merupakan jurusan kuliah yang sangat populer di universitas maupun perguruan tinggi negeri.

Perkuliahan Jurusan Kesehatan Masyarakat

Bagi kamu yang baru memulai perkuliahan, yang akan kamu pelajari adalah tentang Kesehatan Kerja, Kebijakan Kesehatan, Ilmu Kependudukan, Sosiologi Kesehatan, Biokimia, Patologi, Ilmu Gizi, Hygiene Industry dan lain-lain. Mata Kuliah yang kita informasikan ini adalah mata kuliah umum, untuk mata kuliah kesehatan masyarakat lebih lengkapnya tanyakan langsung kepada kakak angkatan yang ada di universitas kamu kuliah. Karena di setiap universitas atau perguruan tinggi tidak semua materi kuliah sama.

Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

Banyaknya kasus-kasus penyakit yang terjadi di masyarakat tidak diimbangi dengan pengetahuan masyarakat tentang penyakit itu sendiri, dan terkadang sikap masyarakat yang acuh tak acuh terhadap kondisi tubuh dan lingkungannya. Dari sinilah dibentuknya Jurusan Kuliah Kesehatan Masyarakat, yang tujuannya agar lulusan kesehatan masyarakat ini bisa meningkatkan kompetensinya dalam mengatasi keluhan kesehatan di masyarakat. Berikut Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat:

1. Administrasi Kebijakan Kesehatan

Administrasi Kebijakan Kesehatan merupakan wadah dan proses dimana manajemen dan organisasi dipakai sebagai sarana untuk menentukan kebijakan umum, yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masayrakat.

Lulusan Kesehatan Masyarakat bisa bisa menduduki di berbagai profesi di bidang administrasi kebijakan kesehatan seperti Manager Rekam Medik, Manager rumah sakit, Manager Pemasaran RS, Bank Asuransi, Manager Asuransi Kesehatan, Manager perusahaan farmasi, Pemasaran Laboratorium dan alat kesehatan, Finance, puskesmas, dinas kesehatan dan lembaga maupun organisasi sosial.

2. Gizi Kesehatan Masyarakat

Lulusan Kesehatan Masyarakat juga bisa menjadi seorang yang bekerja dalam bidang gizi Kesehatan Masyarakat, Profesi yang biasa di duduki oleh lulusan Sarjana Kesehatan Masyarakat adalah sebagai Manager Quality control pada perusahaan Food and Baverages, supervisor HACCP, hotel, restaurant, supermarket, konsultan gizi, supplier makanan, catering dan semua perusahaan yang terkait dengan gizi.

3. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Lulusan SKM memiliki prospek kerja yang sangat luas dalam bidang keselamatan dan Kesehatan Kerja. Apalagi kalau kamu mengambil jurusan di bidang ahli K3, Ketika kamu mendapatkan gelar S. KM., perusahaan-perusahaan besar maupun kecil akan membutuhkan jasa kamu sebagai ahli K3. Berikut Profesi yang biasa di duduki oleh Sarjana Kesehatan Masyarakat di dunia kerja:

  • Konsultan Amdal (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan)
  • Konsultan Limbah
  • Manajer Lingkungan Rumah Sakit
  • Manager QHSE dan Manajer K3L diberbagai perusahaan seperti Chevron, LNG Tangguh, Free Port, Newmont, Jasa Kontruksi, Telkom etc, pertamina, PLN, Tekstil
  • Quality control supervisor di berbagai perusahaan makanan dan minuman seperti: Laboratorium kesmas,
  • Puskesmas, sosro, Manager HACCP pada restaurant, Dinas kesehatan, Sanitarian pada Hotel dan restourant, Bapedal, Aqua, coca-cola, catering, Labkesda.

4. Promosi Kesehatan Masyarakat

Sarjana lulusan SKM juga bisa memasuki bidang Promosi dalam Kesehatan Masyarakat, Biasanya kamu akan menduduki profesi sebagai management pengelola dalam mensosialisasikan kesehatan di masyarakat dan tenaga ahli seperti: Dinas Kesehatan, gizi masyarakat, Puskesmas, rumah sakit, asuransi kesehatan, kesehatan lingkungan dan lembaga-lembaga CSR perusahaan.

5. Epidemiologi dan Biostatistik

Sarjana lulusan SKM dalam bidang Epidemiologi dan Biostatistik bisa berprofesi sebagai Analisa Dinas Kesehatan dan Team Survei. Kamu bisa bekerja sebagai Tenaga Ahli Statistik di Rumah Sakit, Lembaga Penelitian Kesehatan Masyarakat, dan Puskesmas. Bagi kamu

yang mengambil profesi sebagai management serta team teknis bisa bisa bekerja di Lembaga Survei Indonesia, Bapeda, BPS, BKKBN, Bapenas dan lain-lain.

6. Wiraswasta

Bagi kamu yang mengambil Jurusan Kuliah Kesehatan Masyarakat tidak perlu khawatir setelah lulus mau kerja dimana, karena Sarjana Lulusan Kesehatan Masyarakat sangat dibutuhkan di perusahaan-perusahaan besar dan lapangan kerja lainnya yang terbuka lebar.

Jika kamu masih belum ingin bekerja setelah lulus, kamu bisa membuka bisnis atau berwiraswasta seperti membuka Bisnis Catering, Pest Control, konsultan amdal dan lembaga pengelolaan lingkungan. (Source: kesmas-id.com)

Yuk, share ke teman-temanmu, biar mereka tahu bahwa betapa menjanjikannya masa depan anak-anak kesehatan masyarakat 😉