Jenis-jenis Asma

Taukah Anda jika asma juga terbagi atas beberapa jenis? Jika Anda seorang penderita asma, Anda tahu bagaimana gejala asma menakutkan seperti batuk, sesak napas. Hal tersebutlah yang membantu para ahli menentukan beberapa jenis asma.

Kenali jenis-jenis asma berikut guna memudahkan Anda memahami cara pengobatan yang efektif saat Anda mengalami serangan asma :

Daftar isi

1. Allergies and Asthma

Alergi dan asma saling berkaitan. Allergic rhinitis merupakan peradangan pada lapisan dalam hidung dan merupakan penyakit yang alergi kronis yang paling umum.

Para penderita Allergic rhinitis sensitifitas alergi meningkat menjadi zat penyebab pembentukan sel-sel kekebalan tubuh guna melepaskan histamin (senyawa tubuh) dalam menanggapi kontak dengan zat-zat penyebab alergi (alergen). Alergen yang paling umum memasuki tubuh biasanya berlangsung melalui proses pernapasan.

Para penderita Allergic rhinitis biasnaya merasakan beberapa gejala seperti hidung berlendir mendadak secara konstan, bersin berkepanjangan, saluran hidung bengkak, mata berair dan gatal pada tenggorokan. Obat-obatan resep dokter biasanya menjadi jawaban yang baik guna mencegah terjadinya asma dan alergi.

2. Exercise-Induced Asthma

Exercise-induced asthma merupakan salah satu asma yang dipicu oleh olahraga atau aktivitas fisik. Banyak penderita asma yang mengalami gejala asma justru saat mereka berolahraga. Sementara itu banyak orang tanpa asma, termasuk para atlet Olimpiade, yang mengalami gejala asma hanya selama mereka berolahraga.

Asma jenis ini menyebabkan saluran pernapasan menyempit di bagian puncak pada 5-20 menit setelah latihan dimulai, sehingga sulit untuk bernapas. Gejala biasanya dimulai dengan batuk dan nafas yang bersuara. Inhaler asma (bronkodilator) biasanya menjadi alat yang baik untuk digunakan sebelum memulai olahraga guna mencegah terjadinya serangan asma.

Baca juga:  Paru-paru yang Rusak Akibat Merokok Bisa Sembuh Kembali?

3. Cough-Variant Asma

Dalam jenis asma Cough-Variant Asma, batuk berat dengan asma adalah gejala dominan yang terjadi. Selain itu, terdapat beberapa penyebab batuk berupa postnasal drip, rinitis kronis, sinusitis, atau gastroesophageal reflux disease (GERD atau mulas). Batuk karena sinusitis dengan asma adalah hal yang umum.

Asma adalah penyebab serius dari batuk terjadi secara umum saat ini. Cough-Variant Asma sangat kurang terdiagnosis dan sulit diobati. Pemicu Cough-Variant Asma biasanya infeksi saluran pernapasan dan olahraga.

Jika batuk Anda sudah terjadi berkepanjangan, lakukan pengecekan pada dokter spesialis paru-paru. Pengobatan yang biasanya dilakukan adalah tes fungsi paru-paru guna melihat kinerja paru-paru penderita.

Tinggalkan komentar