Persiapan Menyusui Sebelum Melahirkan

Saat memasuki masa hamil, maka Bunda tentunya harus sudah mulai mempersiapkan mental dan juga fisik Bunda untuk persiapan persalinan dan menyusui si kecil saat lahir nantinya. Bunda tidak perlu heran juga, kenapa kami sudah mulai menyarankan kepada Bunda untuk persiapan menyusui tersebut jauh-jauh hari sebelumnya.

Karena di saat Bunda hamil maka tubuh Bunda pun sudah mulai memproduksi ASI untuk bayi nantinya. Dengan adanya persiapan yang matang tersebut, maka itu akan menunjang pemberian ASI eksklusif untuk si kecil nantinya, agar tumbuh kembangnya pun bisa lebih optimal.

Maka dari itu, agar nantinya ASI untuk bayi saat lahir bisa lancar saat menyusui, maka mulai dari sekarang Bunda sudah harus melakukan persiapan-persiapan tersebut. Bunda bisa memulai dengan persiapan pengetahuan dengan banyak bertanya kepada dokter atau pun kepada sesama ibu hamil lainnya.

Dan, juga mendapatkan dari berbagai sumber bacaan seperti website BioFar.ID ini tentunya.

Persiapan menyusui selama masa hamil

Dalam langkah mempersiapkan ASI untuk menyambut masa menyusui ini, maka Bunda bisa mencoba beberapa tips sederhana dari kami di bawah ini:

1. Persiapkan mental (psikologis) Bunda

Untuk tahap pertamanya itu adalah, Bunda harus bisa mempersiapkan mental atau psikologis Bunda dengan baik. Milikilah rasa percaya diri yang tinggi serta mendapatkan dukungan dari berbagai orang-orang sekitar, khususnya yang terdekat, seperti keluarga dan suami.

Beberapa bulan pasca melahirkan, Bunda pastinya akan memiliki beberapa kegiatan yang bisa membuat waktu Bunda banyak tersita. Nah, di sela-sela waktu itulah Bunda sebaiknya mencari informasi mengenai ASI perah yang baik diberikan kepada si kecil nantinya.

Baca juga:  Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

2. Asupan nutrisi selama masa hamil untuk persiapan menyusui

Kesehatan dari ibu hamil adalah hal terpenting untuk bisa menjalani masa hamil hingga persalinan. Salah satu hal yang perlu untuk diperhatikan selama menjalani masa hamil ini adalah asupan nutrisi sehari-harinya.

Dengan mencukupi kebutuhan nutrisi selama kehamilan, maka itu juga sudah termasuk dalam salah satu langkah persiapan kualitas ASI yang baik sejak dini.

Untuk lebih teratur dalam mendapatkan asupan nutrisi yang baik sehari-harinya, maka Bunda sebaiknya membuat daftar menu makanan sehat Bunda sehari-hari. Bunda pun bisa berkonsultasi dengan Dokter untuk bisa mengetahui apa saja menu makanan yang cocok untuk Bunda saat hamil.

3. Persiapan untuk produksi colostrum

ASI pertama pada bayi itu dikenal dengan nama Colostrum yang mana ASI tersebut memang memang adalah ASI pertama yang diproduksi ibu hamil. Produksi Colostrum tersebut akan membuat perubahan pada ukuran buah dada Bunda.

Maka dari itu, Bunda sebaiknya mengganti bra Bunda dengan yang lebih besar atau longgar, agar produksi ASI Bunda pun bisa lebih lancar.

4. Melakukan terapi pijat payudara

Saat memasuki bulan ke-enam masa kehamilan, maka Bunda pun bisa mulai mempersiapkan terapi pijat payudara Bunda. Terapi pijat ini bisa Bunda lakukan dua kali sehari, misalnya saat Bunda mandi pagi dan mandi sore.

Dengan melakukan terapi ini dengan rutin, maka ini pun bisa membantu agar kelenjar ASI Bunda bisa lebih optimal dalam memproduksi,dan mencegah rasa sakit yang biasanya terjadi pada area puting saat Bunda mulai menyusui nantinya.

5. Berkonsultasi dengan konseler menyusui

Tips yang kelima ini biasanya baru bisa Bunda lakukan jika memang dibutuhkan. Dengan melakukan konsultasi langsung dengan konseler menyusui, maka Bunda pun bisa mendapatkan informasi mengenai anatomi dari payudara itu, keuntungan akan menyusui, manfaat dari ASI kepada si buah hati, mekanisme jalannya produksi ASI, serta bagaimana perawatan yang tepat.

Baca juga:  13 Makanan Pantangan Ibu Hamil, Beresiko Pada Janin Bila Dikonsumsi

Bunda bisa mulai melakukan konsultasi ini sejak usia kehamilan Bunda mencapai 28 minggu. Dengan cara ini, maka Bunda pun bisa mengetahui lebih banyak mengenai ASI dan juga menyusui.

6. Mempersiapkan pakaian untuk menyusui

Tidak hanya pakaian saat hamil saja yang bisa Bunda persiapkan sebelum hamil, tapi Bunda pun perlu mempersiapkan lagi pakaian saat Bunda sudah mendekati masa persalinan atau masa menyusui.

Dengan memilih pakaian yang untuk menyusui yang tepat, maka ini bisa membantu Bunda dalam mengatasi kegerahan pada si kecil saat Bunda menyusui dia nantinya. Untuk itu, pilihlah baju yang agak longgar dan memiliki kancing depan dari bagian atas hingga ke bawah, untuk bisa mempermudah Bunda membuka payudara saat si kecil ingin disusui.

Dengan mengikuti beberapa tips di atas, maka Bunda diharapkan bisa mengetahui pentingnya pemberian ASI dan perencanaan persiapan untuk memberikan ASI eksklusif nantinya pada si buah hati. Bunda pun harus selalu meminta dukungan dari orang-orang terdekat, khususnya suami agar bisa membantu Bunda dalam melancarkan segala aktivitas harian Bunda.

Di samping itu pula, Bunda sebaiknya selalu memperhatikan poin kedua di atas, agar kesehatan tubuh Bunda dan juga janin di dalam kandungan bisa terjaga dengan baik hingga masa persalinan tiba nantinya. Dengan menjaga asupan nutrisi tubuh dengan baik selama hamil, maka ini pun nantinya akan berdampak pada tumbuh kembang si kecil saat lahir nantinya.

Demikian yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan informasi yang ada di atas, Bunda bisa mengetahui lebih banyak mengenai masa hamil, persalinan, menyusui, hingga merawat si kecil ke depannya. Silahkan Bunda sampaikan pertanyaan pada kolom komentar di bawah jika memang Bunda yang ingin Bunda pertanyakan kepada kami.

Baca juga:  8 Penyebab Bibir Sumbing pada Bayi

Tinggalkan komentar