Di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Kamu Belajar Apa Saja?

Tidak banyak yang tahu kalau belajar di Fakultas Kesehatan Masyarakat, kita seperti belajar di fakultas ilmu kedokteran dan ilmu sosial sekaligus. Selain dipersiapkan untuk meningkatkan kesehatan suatu masyarakat, mahasiswa di fakultas ini juga belajar banyak hal tentang kehidupan sosial.

Nah, seperti yang sudah disebutkan, mata kuliah yang dipelajari dalam Fakultas Kesehatan Masyarakat sangat beragam. Pada semester awal, semua bidang ilmu tersebut akan dipelajari dalam mata kuliah, barulah di semester akhir dilakukan ‘penjurusan’. Biasanya pada semester 5 nanti dijuruskan ke dalam 7 konsentrasi/keahlian.

Jadi, kuliah di Fakultas Kesehatan Masyarakat itu belajar apa saja? Simak penjabarannya berikut ini.

1. Administrasi Kebijakan Kesehatan

Jurusan ini mendalami proses pembuatan program-program kesehatan baik dalam lingkup mikro maupun makro. Selain itu, jurusan ini juga mempelajari aplikasi manajemen dalam sebuah organisasi kesehatan serta aplikasi ilmu ekonomi dan asuransi dalam bidang kesehatan.

2. Biostatistik dan Kependudukan

Ilmu ini mempelajari cara merancang, eksekusi, dan analisa penelitian kesehatan dengan memanfaatkan teknologi informasi sesuai kaidah statistika.

3. Epidemologi

Jurusan epidemologi mengajarkanmu merancang, memonitor, dan melaksanakan program kesehatan dengan pendekatan kuantitatif. Tidak hanya itu, jika memilih jurusan ini, kamu juga akan mendapatkan cara mengidentifikasi masalah kesehatan di masyarakat dan cara-cara untuk menyosialiasikan serta pencegahannya di masyarakat.

4. Gizi Kesehatan Masyarakat

Jurusan ini berkonsenterasi pada permasalahan gizi di masyarakat serta penyusunan program kesehatan gizi yang sesuai dengan kondisi masyarakat di sebuah daerah.

5. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Dengan memilih spesifikasi jurusan ini, kamu mempelajari bagaimana perlindungan terhadap para pekerja dari bahaya yang mungkin timbul dari kondisi lingkungan tempatnya bekerja. Tidak hanya itu, kamu pun akan belajar bagaimana cara menyelaraskan aspek pekerja dengan jenis pekerjaan dan lingkungan kerja untuk mencapai hasil maksimal.

Baca juga:  13 Kampus dengan Jurusan Farmasi Terbaik di Indonesia

6. Kesehatan Lingkungan

Mata kuliah dalam jurusan ini mengajarkanmu agar mampu menganalisa identitas dan kuantitas parameter-parameter kualitas lingkungan, bagaimana mengendalikan, serta menanggulangi dampaknya bagi kesehatan.

7. Kesehatan dan Ilmu Perilaku

Bidang ilmu yang dipelajari pada jurusan ini di antaranya, komunikasi kesehatan, kehumasan kesehatan, antropologi kesehatan, teknologi pendidikan kesehatan, dan perilaku pengembangan organisasi. Lulusan jurusan ini memiliki peluang kerja sebagai peneliti, instruktur, konsultan, dan konselor di bidang kesehatan masyarakat. (Source: grid.id)

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan, kalau kuliah di fakultas kesehatan masyarakat itu belajar apa saja? Ternyata kompleks juga yang pelajarannya. Bangga deh jadi anak FKM 😉

LIHAT SELENGKAPNYA

BioFar.ID

Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.

Apa komentar kamu?

Back to top button