BioFar.ID Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.

Tips Menjaga Berat Badan Saat Hamil Tua

Tips menjaga berat badan saat hamil tua

Salah satu hal yang sangat penting untuk dijaga saat hamil adalah berat badan, khususnya saat usia kehamilan sudah semakin tua atau mendekati masa persalinan. Berat badan saat hamil itu haruslah dijaga agar tetap stabil hingga melahirkan.

Walaupun memang semakin tua usia kehamilan, jumlah asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin untuk tumbuh kembangnya semakin banyak, hal itu tentunya tidak mengharuskan ibu hamil mengkonsumsi makanan dalam jumlah atau porsi yang lebih banyak.

Bunda cukup memilah-milah makanan yang memiliki asupan nutrisi yang baik dan kompleks untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si kecil di dalam kandungan dan juga sebagai pasokan saat lahir nantinya.

Tips menjaga berat badan agar tetap ideal saat hamil

Mengkonsumsi makanan dalam jumlah atau porsi yang lebih besar, bukanlah solusi yang tepat untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tersebut.

Apalagi, kalau Bunda mempercayai bahwa ibu hamil itu harus mengkonsumsi makanan dengan porsi dua kali lipat dari sebelumnya, sebagai cadangan untuk tubuh dan janin di dalam kandungan. Karena, kalau Bunda mempercayai hal tersebut, maka yang terjadi itu adalah kelebihan berat badan saat hamil.

Nah, untuk bisa terhindar dari kelebihan berat badan saat hamil, khususnya saat hamil tua, kami akan memberikan beberapa tipsnya kepada Bunda. Tips ini bisa sangat membantu dalam menjaga berat badan Bunda tetap stabil selama masa hamil hingga persalinan nantinya.

Seperti apa tipsnya tersebut? Silahkan Bunda simak selengkapnya di bawah ini:

1. Menjaga pola makan agar tetap teratur

Pola makan ibu hamil
kumparan.com

Tips pertama tentunya adalah dengan memperbaiki pola makan Bunda setiap harinya agar bisa tetap teratur. Namun, kalau ternyata berat badan Bunda tersebut terlanjur sudah naik hingga lebih dari 16 kg, maka yang harus Bunda lakukan untuk kembali menstabilkannya adalah dengan menjalani diet khusus ibu hamil.

Diet khusus ibu hamil ini, bukanlah diet yang biasanya dilakukan pada orang yang tidak hamil. Diet ini hanyalah melakukan pengaturan pola makan, mulai dari waktu, frekuensi makan, serta pemilihan menu makanan. Dengan cara ini, maka tubuh Bunda dan si kecil dalam kandungan akan tetap terjaga dengan baik, fit, dan sehat.

Menu diet yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil yang obesitas atau kelebihan berat badan itu cukup dengan memperbanyak serat dan air putih, serta hindari makanan yang bisa meningkatkan berat badan apalagi sampai membahayakan kandungan.

2. Menjalani olahraga ibu hamil

Olahraga ibu hamil
amtyoga.co

Bunda jangan beranggapan kalau ibu hamil itu tidak boleh banyak bergerak untuk bisa tetap menjaga guncangan pada kehamilannya.

Kalau untuk aktivitas atau olahraga yang terlalu berat memang tidak disarankan. Tapi, ada beberapa aktivitas atau olahraga yang memang dikhususkan untuk para ibu hamil lakukan, dan tidak sampai membahayakan kondisi kandungan.

Dengan menjalani aktivitas olahraga secara rutin ini, tentunya ibu hamil masih bisa tetap menjaga badannya agar tetap ideal, berat badan pun akan tetap stabil, serta stamina bisa tetap fit setiap harinya. Selain itu pula, melakukan olahraga rutin khusus untuk ibu hamil ini bisa menjadi salah satu persiapan menjelang masa persalinan Bunda, yang mana memang dibutuhkan adalah ketahanan stamina Bunda.

Bunda bisa mendatangi kelas senam atau olahraga khusus untuk ibu hamil, atau mendapatkan instruktur privat di rumah.

3. Berkonsultasi secara rutin dengan ahlinya

Berkonsultasi ke bidan
kbknews.id

Tips terakhir yang bisa Bunda lakukan untuk membantu dalam menjaga berat badan agar tetap stabil di masa kehamilan adalah dengan melakukan konsultasi dengan rutin ke ahlinya langsung. Bunda bisa mendatangi Dokter Spesialis Kandungan atau pun Ahli Gizi untuk bisa membantu Bunda mendapatkan informasi seputar menjaga berat badan selama masa hamil ini.

Selain bisa melakukan pemeriksaan fisik dan kehamilan, cara ini tentunya bisa membantu untuk mendapatkan informasi mengenai kondisi kesehatan tubuh Bunda sendiri dan janin di dalam kandungan.

Dokter tentunya akan memberikan Bunda informasi mengenai batasan kalori perhari yang bisa Bunda konsumsi, pola makan yang perlu Bunda lakukan, jenis makanan yang bisa memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Bunda dan juga janin di dalam kandungan, batasan normal penambahan dan pengurangan berat badan selama hamil, dan berbagai informasi penting lainnya untuk mendukung kehamilan yang sehat, aman, dan terjaga.

Nah, itulah sedikit tips yang bisa kami berikan kepada para ibu hamil agar bisa tetap menjaga berat badannya tetap ideal. Selain bisa mencegah obesitas, menjaga berat badan tetap ideal selama kehamilan ini juga bisa membantu Bunda mengembalikan bentuk dan berat badan ke ukuran semula sebelum Bunda hamil. Sehingga, Bunda pun bisa cepat langsing kembali setelah melahirkan.

Semoga dengan adanya informasi di atas, bisa memberikan tambahan wawasan untuk para ibu hamil dalam menjaga kehamilannya hingga masa persalinan tiba. Salam sehat selalu untuk Bunda dan keluarga.

Avatar
BioFar.ID Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.