BioFar.ID Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.

10 Tips Mencegah Kemandulan pada Wanita

Mencegah kemandulan pada wanita

Setiap pasangan yang sudah menikah, hal yang paling diinginkan itu adalah kehadiran seorang bayi, agar bisa melengkapi keluarga kecilnya tersebut. Hadirnya seorang anak, tentunya adalah berkah dan karunia terbesar untuk Anda dan keluarga agar bisa melanjutkan keturunan.

Akan tetapi, usaha dari orang tua biasanya kadang mengalami hambatan atau gangguan, sehingga harus menunggu waktu yang cukup lama untuk bisa mendapatkannya.

Anda pun tidak perlu cemas dan khawatir kalau ternyata Anda sebagai istri tidak bisa memberikan keturunan (mandul) kepada suami. Anda tentunya harus tetap berusaha semaksimal mungkin, dan berdoa agar diberikan jalan oleh Tuhan.

Tips mencegah kemandulan pada wanita

Kemandulan pada wanita itu tentunya tidak terjadi begitu saja. Ada hal atau penyebab yang mendasari kondisi tersebut. Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai penyebab Anda mengalami mandul, maka Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter. Agar bisa diberikan pemeriksaan secara langsung.

Sedangkan untuk Anda para wanita atau istri yang ingin terhindar dari kondisi tersebut, agar Anda tetap bisa melanjutkan keturunan dari keluarga besar Anda, maka beberapa tips di bawah ini bisa membantu Anda.

1. Konsumsi makanan yang sehat bernutrisi

Hal yang bisa saja mempengaruhi kesuburan pada wanita itu adalah asupan makanannya sehari-hari. Karena, memang ada beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan tertentu yang mengandung zat yang bisa membuat tingkat kesuburan pada wanita menjadi bertambah.

Maka dari itu, Anda harus bisa memilih jenis makanan sehat yang alami dengan kandungan nutrisi tinggi untuk bisa meningkatkan kesuburan Anda.

2. Hindari seks bebas

Poin yang kedua ini sebenarnya ditujukan untuk wanita yang belum menikah, di mana Anda sebaiknya tidak melakukan hubungan seks bebas atau seks di luar nikah. Karena resiko dari seks bebas di luar nikah itu adalah bisa mengalami kanker leher rahim.

Kalau sampai hal ini terjadi pada Anda, maka untuk bisa mengatasinya adalah dengan melakukan operasi pengangkatan rahim. Kalau rahim seorang wanita sudah diangkat, maka peluang untuk bisa hamil sangat kecil. Kecuali atas kehendak dari Sang Maha Pencipta.

3. Jalani pola hidup sehat

Tips berikutnya untuk bisa mencegah kemandulan pada wanita itu adalah menjalani pola hidup sehat. Pola hidup sehat ini bisa Anda mulai dari asupan makanan yang teratur, tidak mengkonsumsi junk food, serta minuman yang bersoda.

Hindari pula asap rokok apalagi sampai merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, dan kafein yang berlebihan.

4. Jaga berat badan

Untuk bisa mendapatkan kehamilan yang cepat, maka Anda juga harus menjaga berat badan Anda. Berat badan yang ideal itu adalah tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu kurus.

Kondisi obesitas (berat badan berlebih) atau pun terlalu kurus, tentunya akan mendatangkan cukup banyak penyakit atau pun gangguan kesehatan lainnya. Sehingga Anda bisa sulit untuk hamil, bahkan bisa sampai mengalami mandul.

5. Hindari stress

Gangguan mental yang bisa membuat wanita sulit hamil itu salah satunya adalah stress. Jika Anda mengalami stress yang berlebihan, maka itu bisa menyebabkan beberapa gangguan penyakit, bagi tubuh Anda.

Untuk bisa mencegah Anda mengalami stress, maka sebaiknya Anda banyak menjalani aktivitas yang menyenangkan, khususnya hobi Anda.

6. Lakukan pemeriksaan dan tes

Tips selanjutnya dalam mencegah kemandulan pada wanita itu adalah dengan menjalani pemeriksaan dan tes. Tapi, pemeriksaan ini sebaiknya tidak dilakukan untuk wanita saja, tapi untuk suami juga.

Agar bisa mengetahui masalah pada rahim, tingkat kesuburan dari keduanya atau pun kondisi lainnya yang bisa menghambat Anda untuk memiliki keturunan. Kalau penyebabnya tersebut sudah diketahui, maka tindakan penanganan pun tentunya bisa dilakukan dengan cepat.

7. Menjalani vaksinasi

Vaksinasi yang dilakukan ini sebenarnya sebagai tahap persiapan sebelum Anda menjalani program hamil tersebut. Agar penyakit seperti campak jerman (rubell) dan lainnya bisa dihindari.

Bahkan, proses vaksinasi ini pun perlu untuk Anda lakukan sebelum Anda menikah untuk mencegah berbagai hal-hal yang bisa mengganggu kehamilan Anda nantinya.

8. Olahraga dengan rutin

Olahraga dengan rutin adalah salah satu dari pola hidup sehat sehari-hari. Tubuh yang kurang olahraga biasanya akan terlalu gemuk atau bahkan terlalu kurus.

Selain itu pula, untuk Anda para pekerja kantoran, sebaiknya rutin untuk menjalani olahraga agar bisa tetap menjaga kebugaran tubuh Anda sehari-harinya. Kalau Anda tidak menjaga kesehatan tubuh Anda dengan berolahraga, maka ini akan membuat Anda sulit untuk hamil.

9. Jaga kebutuhan vitamin dan mineral tubuh

Untuk bisa mencegah kondisi yang bisa menyebabkan sulit hamil atau kemandulan, maka Anda perlu untuk memenuhi asupan vitamin dan juga mineral dalam tubuh setiap harinya.

Vitamin yang perlu untuk Anda dapatkan sehari-hari itu, seperti vitamin A, C, E, dan B12, yang mana semua itu bisa Anda dapatkan secara alami dari makanan dan juga minuman sehari-hari. Sedangkan untuk kebutuhan mineral tubuh itu, Anda harus memperbanyak mengkonsumsi zinc dan juga selenium.

10. Lakukan konsultasi dengan dokter

Kalau ternyata Anda sudah berusaha dengan maksimal untuk bisa mendapatkan kehamilan dan juga dalam waktu yang lama, maka Anda sebaiknya melakukan konsultasi langsung dengan Dokter Kandungan. Berkonsultasi dengan orang yang tepat tentunya akan memberikan Anda solusi dan informasi yang lebih baik mengenai permasalahan kehamilan Anda tersebut.

Nah, itulah beberapa tips dari kami mengenai pencegahan kemandulan pada wanita. Dengan adanya tips-tips tersebut, maka Anda bisa dengan mudah melakukan tindakan, agar Anda bisa segera hamil setelah menikah. Semoga artikel yang kami tulis ini, bisa bermanfaat untuk Anda sekeluarga.

Avatar
BioFar.ID Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.