BioFar.ID Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.

Farmasi Masuk Jurusan Kuliah yang Diprediksi Bakal Punah Tahun 2020

Memilih jurusan kuliah

Zaman dulu, konsep robot akan menggantikan tugas dan pekerjaan manusia adalah suatu hal yang tidak masuk akal. Namun sekarang, berkat kemajuan teknologi, robot tidak hanya bisa diandalkan untuk membantu pekerjaan manusia, tapi diprediksi bisa menggantikan peran manusia dalam beberapa pekerjaan tertentu di masa mendatang.

Dikutip dari The Guardian, umumnya, pekerjaan yang akan digantikan oleh robot di masa depan adalah pekerjaan yang memiliki rutinitas yang sama dan dikerjakan secara berulang-ulang. Efeknya, tidak hanya para pekerja yang kehilangan profesinya, tapi hal itu juga berpengaruh terhadap jurusan kuliah tertentu.

Pasalnya, dikutip dari WomensArticle.com, setidaknya ada lima jurusan kuliah yang diprediksi bakal punah pada tahun 2020 nanti. Alasannya, pekerjaan untuk lulusan dari jurusan tersebut akan digantikan oleh robot dan teknologi, dan paling menarik untuk kita sorot adalah ternyata jurusan farmasi termasuk salah satunya.

Jadi bagaimana dong nasib apoteker dan lulusan sarjana farmasi? Menarik untuk kita ikuti perkembangannya.

Berikut ini uraian lengkap lima jurusan kuliah yang bakal punah di masa depan nanti.

1. Akuntansi

Akuntansi
Akuntansi

Diperkirakan, di masa depan nanti, profesi akuntan akan dikerjakan oleh robot. Itu sebabnya, pada tahun 2020 nanti, jurusan kuliah ini diprediksi bakal punah. Rata-rata, profesi ini dibutuhkan oleh perusahaan besar, sementara itu, untuk mengurusi pajak individu, hal tersebut bisa dilakukan secara online atau menggunakan software tertentu.

2. Perhotelan dan Pariwisata

Perhotelan dan pariwisata
Perhotelan dan pariwisata

Sebagian besar industri yang bergerak di bidang perhotelan dan pariwisata dikabarkan bisa dengan mudah diganti dengan teknologi. Kebutuhan terkait agen perjalanan nantinya akan berkurang. Dulu, untuk liburan, kita bakal mengandalkan jasa agen perjalanan. Namun sekarang ini, kita bisa melakukannya sendiri melalui situs maskapai yang ingin digunakan.

3. Hukum

Hukum
Hukum

Sekarang ini, semua informasi bisa diakses dengan mudah lewat bantuan internet. Di masa depan nanti, diprediksi bahwa peran manusia kemungkinan enggak begitu dibutuhkan untuk melakukan beberapa pekerjaan, seperti pengarsipan.

4. Broadcasting

Broadcasting
Broadcasting

Salah dampak berkembangnya teknologi yang mungkin sudah dirasakan sekarang ini adalah banyak orang yang enggak lagi mencari hiburan atau informasi lewat tv. Soalnya, semua hal tersebut bisa didapat secara online, bahkan lewat media sosial yang biasa kita gunakan sehari-hari.

5. Farmasi

Farmasi
Farmasi

Di masa depan nanti, diprediksi bahwa pembuatan dan peracikan obat akan dilakukan oleh robot. Itu sebabnya, jurusan ini akan menjadi salah satu yang punah di tahun 2020. Ke depannya, akan ada apotek yang menggunakan konsep drive thru, sehingga peran apoteker akan digantikan oleh teknologi atau robot.

Nah, itulah lima jurusan yang diprediksi punah di tahun 2020 nanti, jika kamu termasuk mahasiswa farmasi, apoteker atau pihak yang ambil bagian di lima jurusan tersebut, bagaimana nih komentarmu?

Avatar
BioFar.ID Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.