Olahraga Ibu Hamil untuk Mencegah Bayi Mengidap Penyakit Kronis

Saat sudah memasuki masa hamil, hal terpenting untuk Bunda perhatikan di sini adalah kesehatan. Untuk bisa tetap menjaga kesehatan selama hamil, maka asupan vitamin dan nutrisi yang diperoleh dari makanan sangatlah penting untuk diperhatikan.

Tidak hanya makanan saja yang perlu Bunda perhatikan saat hamil untuk menjaga kondisi tubuh dan janin tetap sehat, tapi Bunda juga harus memperhatikan kebugaran tubuh dengan berolahraga yang tepat.

Olahraga yang baik untuk ibu hamil

Memang olahraga termasuk salah satu hal yang paling jarang dilakukan oleh ibu hamil, terlepas dari banyaknya mitos yang beredar di masyarakat tentang pantangan olahraga saat hamil.

Selain itu, pengaruh peningkatan hormon pada saat hamil juga termasuk hal yang membuat ibu hamil menjadi malas untuk menjalani olahraga serta beberapa aktivitas lainnya. Kondisi perut yang semakin hari semakin membesar pun termasuk kendala yang mempengaruhi ibu hamil malas untuk beraktivitas.

Semua itu adalah segelintir masalah yang memang menjadi penghalang pada wanita malas berolahraga saat hamil. Sehingga, mereka pun lebih memilih bermalas-malasan dan tinggal di rumah saja berbaring dan beristirahat terus-menerus.

Padahal sebenarnya, menjalani aktivitas seperti berolahraga itu sangatlah baik untuk tetap menjaga kesehatan tubuh sendiri dan janin di dalam kandungan loh Bun! Selain untuk bisa memberikan kebugaran pada tubuh, olahraga dengan rutin saat hamil juga bisa membuat tubuh Bunda tetap prima dalam menjalani aktivitas harian.

Kesehatan tubuh dan janin pun akan tetap terjaga dengan melakukan olahraga yang rutin saat hamil. Bahkan, dengan berolahraga yang baik khusus untuk ibu hamil ini akan membuat bayi nantinya terhindar dari penyakit kronis saat mereka lahir. Akan tetapi, olahraga yang perlu untuk ibu hamil jalani ini tentunya tidaklah sama dengan olahraga pada umumnya sebelum Bunda hamil.

Baca juga:  Jus Buah untuk Ibu Hamil 5 Bulan

Maka dari itu, Bunda sebagai ibu hamil perlu untuk mengetahui beberapa jenis olahraga yang tepat untuk bisa mencegah bayi mengidap penyakit kronis saat lahir nantinya.

Jenis olahraga yang tepat saat hamil untuk menghindari penyakit kronis pada bayi

Ada berbagai jenis olahraga yang bisa Bunda lakukan saat hamil, yang baik dan juga dianjurkan. Karena, memang beberapa jenis olahraga ini tidak hanya menunjang kesehatan tubuh Bunda saja saat hamil, tapi juga bisa menjadi tindakan pencegahan terhadap bayi agar tidak mengalami penyakit kronis nantinya saat dilahirkan.

Seperti apa jenis olahraga untuk ibu hamil yang tepat tersebut? Silahkan Bunda simak selengkapnya di bawah ini:

Jogging

Jogging

Jogging adalah olahraga yang ringan santai yang tentunya sangatlah cocok untuk ibu hamil lakukan setiap harinya. Bunda bisa menjalani aktivitas jogging ini setiap pagi harinya, untuk menjaga stamina dan juga kebugaran tubuh Bunda selama hamil.

Tidak hanya itu saja, memilih waktu pagi hari untuk jogging juga bisa memberikan manfaat yang baik untuk tubuh Bunda. Tubuh akan terasa lebih segar, nyaman da juga semakin bersemangat untuk menjalani aktivitas selanjutnya.

Tidak hanya itu saja, jogging ini termasuk salah satu jenis olahraga yang memang dianjurkan oleh Dokter Kandungan loh Bun! Jadi tidak perlu khawatir.

Berenang

Ibu hamil berenang

Jenis olahraga selanjutnya yang bisa ibu hamil jalani selama hamil dalam mencegah bayi mengidap penyakit kronis adalah berenang. Berenang adalah jenis olahraga yang sangatlah mudah dan aman untuk dilakukan saat hamil.

Tidak hanya membantu dalam menghindarkan penyakit kronis pada bayi, berenang ini juga bisa memberikan kesegaran dan kebugaran pada tubuh ibu hamil jika dilakukan dengan rutin.

Namun, jika memang Bunda belum tahu berenang atau masih khawatir, maka Bunda bisa meminta tolong kepada suami untuk mendampingi Bunda selama berenang. Bunda pun bisa meminta jasa pelatih renang khusus untuk ibu hamil agar bisa lebih optimal.

Baca juga:  Keputihan Saat Hamil? Begini Cara Terbaik Mengatasinya

Yoga

Yoga ibu hamil

Kalau berbicara mengenai olahraga Yoga ini, maka Bunda tentunya berpikiran mengenai lipatan-lipatan tubuh dan berbagai gerakan yang sulit. Nah, yoga untuk ibu hamil itu tentunya berbeda dengan yoga untuk yang tidak hamil.

Yoga yang dilakukan di sini lebih fokus pada pergerakan peregangan dan juga teknik pernapasan saja. Yang mana ini memang sangat baik untuk dilakukan wanita selama menjalani masa hamilnya.

Kalau memang Bunda masih belum tahu gerakan yang cocok dilakukan selama hamil ini, maka Bunda bisa mengikuti senam khusus yoga atau lebih dikenal dengan nama prenatal yoga, yang memang khusus untuk para ibu-ibu hamil.

Nah, itulah beberapa jenis olahraga yang bisa Bunda lakukan selama masa kehamilan untuk menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh dan janin di dalam kandungan, serta mencegah terjadinya penyakit kronis pada bayi saat dilahirkan nantinya.

Bunda pun bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk beberapa jenis olahraga lainnya yang ingin Bunda lakukan selain dari olahraga di atas sebelumnya.

Semoga dengan artikel mengenai olahraga ibu hamil untuk mencegah penyakit kronis pada bayi ini, bisa membantu Bunda dalam menambah wawasan dan informasi seputar kehamilan. Salam sehat selalu ya Bun!

Tinggalkan komentar