5 Resep Obat Batuk Tradisional untuk Bayi

2 min read

OBAT BATUK TRADISIONAL UNTUK BAYI – Memiliki putra atau putri yang sehat adalah dambaan semua orang tua terutama ibu, sehingga berbagai hal dilakukan supaya buah hatinya tetap sehat. Penyakit yang paling sering dialami oleh anak atau bayi adalah batuk. Sebagai orang tua pastinya tidak ingin hal itu berlanjut dan harus segera diberikan pengobatan terbaik ketika anak menderita batuk kering atau pun batuk berdahak.

Pada anak usia satu hingga empat tahun yang mengalami batuk mengobatinya tidak perlu menggunakan obat kimia, dianjurkan menggunakan obat tradisional yang lebih alami dan sehat. Obat-obatan kimia jika digunakan pada masa usia dini dikhawatirkan akan mengganggu perkembangannya, terutama pada bagian otak.

Menggunakan obat teradisional, selain aman juga cukup manjur dalam mengatasi batuk yang diderita anak. Berikut ini adalah resep obat batuk tradisional untuk anak dan balita yang dapat dicoba oleh orang tua di rumah.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis
Jeruk nipis ©youtube.com

Obat batuk tradisional yang dianjurkan yang pertama dalam mengatasi batuk pada bayi adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Buah ini terbilang cukup manjur.

Caranya yaitu air perasan jeruk nipis diambil lalu dicampur dengan kecap manis. Madu bisa menjadi pengganti kecap yang lebih baik dan lebih direkomendasikan. Anak diberi 3 kali sehari.

Wedan Jehe

Wedan Jehe
Wedan Jehe ©mudation.com

Jahe adalah salah satu rempah yang mempunyai sangat banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan kita tubuh. Jahe dapat digunakan untuk mengatasi batuk pada bayi dan anak, selain yang kebanyakan orang dewasa gunakan untuk menghangatkan tubuh.

Cara membuat obat batuk tradisional untuk bayi juga tidaklah sulit. Berikut resep dan langkah-langkah membuatnya.

  1. Ambil satu ruas jahe lalu panggang sampai aromanya keluar,
  2. Bagian yang menghitam dibersihkan kemudian dikeprak sampai memar,
  3. Selanjutnya ditambahkan air gula secukupnya serta tambahkan air hangat,
  4. Aduk sampai rata lalu minumkan kepada anak selagi masih hangat wedan jehenya.

Untuk mendapatkan jahe berkualitas dan murah, Bunda bisa memesannya di sini >> Jual Jahe Gajah <<

Daun Sirih

Daun sirih
Daun sirih ©hellosehat.com

Daun sirih tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia terutama pencinta herbal, tanaman ini sangat banyak khasiatnya, tidak terkecuali untuk mengobati batuk anak.

Obat batuk tradisional untuk anak ini juga sangat mudah Anda buat, caranya yaitu;

  1. Satu helai daun sirih diambil lalu dicuci hingga bersih
  2. Beberapa potong jahe dimasukkan ke dalam panci yang berisi satu gelas air putih
  3. Rebus sampai mendidih lalu tuangkan ke dalam gelas.

Obat dari air rebusan daun sirih ini diminum sekali sehari dan diulangi selama beberapa hari batuk anak lekas hilang dan sembuh.

Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh
Belimbing wuluh ©docures.com

Belimbing wuluh memiliki khasiat sebagai obat tradisional batuk untuk bayi dan anak-anak, selain kegunaan umumnya sebagai bumbu dapur. Cara memanfaatkannya yaitu belimbing wuluh diparut lalu dimasukkan ke dalam air hangat secara perlahan, sedikit demi sedikit.

Jahe dan Kencur

Kencur
Kencur ©necturajuice.com

Jahe dan kencur ini mempunyai kandungan yang bisa mengatasi penyebab batuk pada anak-anak dan bayi. Cara membuatnya juga sangat sederhana, yaitu;

  1. Parutan kencur dan jahe dicampur kemudian dilarutkan ke dalam segelas air putih
  2. Larutan yang telah dibuat tadi direbus hingga mendidih kemudian diamkan sampai suhunya terasa hangat.
  3. Air hasil rebusan tadi disaring lalu diminumkan kepada anak atau bayi secara perlahan, sedikit demi sedikit.

Nah, itulah dia 5 resep obat batuk tradisional untuk bayi yang orang tua bisa buat sendiri jika buah hati tercintanya mengalami batuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *