Jerawat Meradang, Bolehkah Lakukan Facial?

Jerawat sedang meradang? Kamu mungkin gemas untuk secepat mungkin jerawat-jerawat  nakal  dengan melakukan facial. Persoalannya, apakah aman melakukan facial saat wajah dipenuhi jerawat?

Kamu bisa saja melakukan facial atau perawatan wajah, namun sebenarnya, hal ini bukanlah ide yang cukup baik untuk dilakukan.

Bila ingin facial, sebaiknya kamu memilih jenis facial extraction. Selain jenis tersebut, sebaiknya kamu baru boleh melakukan facial saat jerawat dari wajahmu sudah mereda. Melakukan facial tipe extraction saat wajah sedang dipenuhi jerawat tidak serta merta membuat jerawat  langsung hilang.

Jerawat yang muncul merupakan akumulasi dari berbagai macam hal yang sudah lama menumpuk di wajah, sehingga jerawat kamu juga tidak akan dengan segera hilang dalam waktu singkat

Pada dasarnya, terdapat dua jenis facial, yaitu tipe facial ala spa yang memanjakan, dan facial yang lebih invasif dengan tujuan mengatasi jerawat, seperti pada jenis facial extraction, chemical peels, laser dan microdermabrasion.

Jenis facial yang memanjakan kulit meliputi pijat pada wajah, perawatan minyak esensial yang ditemani dengan music terapi.

Jika kamu menjalani facial tipe ini ketika wajah kamu sedang berjerawat, kamu tidak sedang membahayakan wajah, namun kamu juga tidak sedang melakukan tindakan penanggulangan pada wajah.

Dalam menjalani facial tipe ini, kamu perlu mewaspadai jenis minyak esensial yang digunakan karena terdapat kandungan ekstrak tumbuhan yang digunakan pada kulit yang dapat menimbulkan reaksi iritasi, terutama pada kulit yang sensitif dan rentan berjerawat.

Kebanyakan jenis perawatan facial lainnya yang tidak bersifat memanjakan tapi juga menanggulangi masalah pada kulit akan menggunakan juga prosedur exfoliasi untuk membantu mengikis permukaan kulit mati dan membersihkan pori-pori pada wajah.

Baca juga:  Paru-paru yang Rusak Akibat Merokok Bisa Sembuh Kembali?

Ketika kamu memiliki jerawat aktif, prosedur demikian tetap berpotensi mengiritasi wajahmu yang berjerawat karena sifat perawatan yang tergolong agresif.

Jika terapi facial mengatakan bahwa bahwa wajahmu akan meradang dan jerawat akan keluar semua sebelum bersih sepenuhnya, hal ini hampir selalu tidak pernah terbukti. Bersih tidaknya jerawat setelah perawatan akan bergantung sepenuhnya pada jenis kulit masing-masing.

Perawatan facial baru akan bermanfaat jika kulit kamu sudah bebas dari jerawat aktif karena perawatan facial tidak berguna untuk mencegah atau mengatasi jerawat, namun baik untuk merawat bercak merah, luka dan untuk meratakan warna kulit pada wajah.

Lakukan facial setidaknya dua hingga tiga minggu lebih awal sebelum kamu akan tampil dalam suatu acara atau pada hari penting. Jangan lakukan facial beberapa hari sebelum atau pada hari H mengingat kondisi wajah yang pasti memerah setelah facial.

BioFar.ID

Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.

Apa komentar kamu?

Back to top button