BioFar.ID Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.

Hindari Makanan Ini Untuk Bebas Gangguan Pencernaan

Hindari Makanan Ini Untuk Bebas Gangguan Pencernaan

Mulas, diare dan gangguan pencernaan lainnya seringkali menjadi masalah yang dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Selain makanan yang tidak bersih, beberapa jenis makanan juga mampu membuat masalah pada pencernaan Anda. Jika ingin bebas dari gangguan pencernaan, sebaiknya Anda menghindari beberapa makanan berikut :

  • Makanan yang digoreng, pemicu diare
    Mengonsumsi makanan yang digoreng yang kaya akan lemak, dapat menyebabkan diare. Makanan dengan potongan lemak daging, saus yang berlimpah dan makanan penutup dengan mentega atau krim juga dapat menimbulkan penderitaan di perut Anda. Pilihlah makanan yang dipanggang atau dikukus dengan tambahan sayuran sebagai pengganti mentega atau krim.
  • Gula buatan, penyebab diare dan kram
    Mengunyah terlalu banyak permen karet bebas gula yang dibuat dengan sorbitol dipercaya dapat menyebabkan diare dan kram. Makan lebih dari 50 gram sorbitol dalam sehari menyebabkan permasalahan pada usus Anda. Hal ini disebabkan karena tubuh manusia tidak dapat mencerna sorbitol.
  • Makanan berserat, penyebab kembung dan gas
    Makanan berserat tinggi memang baik bagi pencernaan. Namun lain halnya jika Anda sudah terlalu banyak mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti biji-bijian dan sayuran. Sistem pencernaan Anda akan kesulitan untuk menyesuaikan diri sehingga terciptalah gas dan kembung. Jika ingin memasukkan kandungan berserat dalam tubuh Anda, lakukanlah secara bertahap.
  • Fruktosa, penyebab diare, kembung dan kram
    Sebagian orang sulit mencerna makanan manis dengan frukstosa seperti soda, permen, jus buah, atau pastry. Tak hanya itu, makanan tersebut dapat menyebabkan diare, perut kembung, kram dan gangguan pencernaan lainnya.
  • Makanan pedas, penyebab heartburn 
    Sebagian orang merasakan gangguan pencernaan dan heartburn setelah mereka mengonsumsi aneka masakan pedas. Penelitian menyebutkan, makanan yang berbahan dasar cabai dan merica mampu memicu terjadinya heartburn.
  • Aneka produk susu, penyebab masalah lactose intolerant
    Lactose intolerant merupakan masalah pencernaan yang kerap kali timbul saat seseorang mengonsumsi susu. Susu dapat memicu terjadinya diare, perut kembung, dan permasalahan usus. Kondisi ini muncul akibat kurangnya enzim yang dibutuhkan untuk mencerna laktosa, gula yang ditemukan dalam susu, dan produk susu lainnya. Hindari dan batasilah diri Anda jika Anda termasuk salah satu penderitanya.
Avatar
BioFar.ID Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.