Herpes: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

DAFTAR ISI:

Tentang Herpes

Penyakit herpes selama ini dianggap sebagai penyakit “kotor” karena berkaitan dengan aktivitas seksual yang tidak sehat. Padahal, tidak semua penyakit herpes disebabkan oleh kegiatan seksual. Herpes sendiri terbagi menjadi dua, yaitu: Herpes zoster disebabkan oleh virus Varicella zoster, yaitu virus yang juga menyebabkan cacar air.

Gejalanya khas, yaitu timbul gelembung-gelembung kecil, biasanya di daerah punggung, hanya pada satu sisi, dan meliputi daerah persyarafan tertentu. Gelembung – gelembung ini terasa nyeri dan dapat pecah sehingga mudah timbul infeksi oleh bakteri. Penyakit ini bukan penyakit kelamin, dan dapat sembuh sempurna.

Herpes simpleks disebabkan oleh herpes virus hominis (HVH). Ada dua macam HVH, yaitu HVH tipe 1 menyebabkan herpes labialis dan keratitis, sedankan HVH tipe 2 menyebabkan penyakit kelamin yang disebut herpes genitalis.

Pada herpes labialis, gelembung berisi air terdapat di sekitar bibir yang menyebabkan rasa panas dan gatal. Herpes keratitis, infeksi virus mengenai kornea mata yang dapat menimbulkan luka. Sementara herpes genitalis yang ditularkan melalui hubungan seksual ini memberikan gejala setelah beberapa hari.

Misalnya, gatal-gatal dan nyeri di daerah genital, dengan kulit dan selaput lendir yang menjadi merah. Herpes simpleks berkenaan dengan sekelompok virus yang menulari manusia.

Gejala Herpes

Gejala pertama biasanya gatal-gatal dan kesemutan/perasaan geli, diikuti dengan benjolan yang membuka dan menjadi sangat sakit. Rasa gatal atau perih bisa timbul dan menghilang beberapa saat.

Penyebab Herpes

Infeksi herpes ditularkan melalui kontak langsung dengan bagian terinfeksi. Penularan dapat terjadi walaupun tidak ada luka Herpes terbuka. Sedangkan pada Herpes Zoster, proses penularan dapat melalui udara, serupa bersin, batuk atau melalui pakaian yang telah terkena kontak dari penderita herpes zoster.

Baca juga:  5 Mitos dan Fakta Seputar Kafein

Pengobatan Herpes

Hal yang terpenting adalah menjaga agar gelembung-gelembung tidak pecah, karena hanya akan memperparah infeksi. Penggunaan bedak anti gatal disenyalir dapat mengurangi deraan tidak nyaman pada permukaan kulit yang ditumbuhi gelembung-gelembung herpes.

Ada pun obat-obatan yang diberikan untuk mengurangi keluhan gejala yang timbul, serupa nyeri dan demam. Beberapa obat-obatan, seperti paracetamol, acyclovir disarankan untuk mengatasi perih dan rasa terbakar yang timbul.

Pencegahan Herpes

Menjaga kebersihan diri, waspada terhadap pengidap herpes dan memperhatikan kesterilan jarum suntik kala vaksinasi diyakini dapat meminimalisir penularan penyakit Herpes.

BioFar.ID

Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.

Apa komentar kamu?

Back to top button