Hamil Lagi Setelah Keguguran

Keguguran merupakan hal yang paling menakutkan bagi ibu manapun. Keguguran adalah kehilangan janin secara spontan sebelum janin dapat bertahan hidup. Keguguran pada kehamilan biasanya terjadi sebelum usia kandungan berusia 20 minggu dan biasanya akan membawa kesedihan bagi setiap anggota keluarga, terlebih bagi seorang ibu.

Oleh karena itu, seseorang yang baru saja mengalami keguguran biasanya akan merasa sangat terpukul bahkan bisa menimbulkan depresi. Maka tidak jarang keguguran bisa menimbulkan trauma psikis tersendiri bagi seorang wanita.

Lalu pertanyaan yang muncul adalah kapan kira-kira wanita bisa hamil lagi paska keguguran?

Menurut dr. Reino Rambey, SpOG saat ditemui di RS Antammedika mengatakan bahwa seorang wanita yang ingin hamil setelah mengalami keguguran paling tidak harus menunggu selama tiga bulan.

Kenapa wanita yang telah mengalami keguguran dan ingin hamil lagi harus menunggu selama tiga bulan baru boleh hamil lagi? Proses persiapan kehamilan setelah keguguran pada dasarnya sama dengan persiapan pada kehamilan yang tidak mengalami keguguran.

Kita harus benar-benar mempersiapkan rahim supaya siap untuk kehamilan selanjutnya. Hal ini tida ada hubungannya dengan Rahim setelah dikuret, namun lebih kepada persiapan rahim itu sendiri untuk kehamilan selanjutnya.

Kehamilan selanjutnya harus dengan dasar sel yang sehat dan rahim yang siap menjadi tempat pembuahan. Dengan kesiapan semua faktor, kemungkinan keguguran pada kehamilan berikutnya akan kecil. Bukankah Anda tidak ingin terjadi hal ini lagi.

“Jarak waktu 90 hingga 120 hari adalah saat yang ideal untuk kembali memulai kehamilan paska keguguran”, tambah dr. Reino Rambey, SpoG. Kehamilan harus dipersiapkan dengan matang untuk menghindari beberapa komplikasi yang mungkin saja terjadi dan menyebabkan keguguran lagi, dan waktu 90 sampai 120 hari dinilai cukup untuk berganti dengan sel yang baru.

Baca juga:  Makanan Pendamping Asi (MPASI) Terbaik untuk Anak

Keguguran bisa terjadi karena beberapa faktor, contohnya seperti kelainan kromosom yang terjadi pada proses pembuahan pada awal kehamilan atau pada trimester pertama kehamilan. Untuk menghindari terjadinya keguguran pada kehamilan adalah dengan menghindari penyebabnya, karena keguguran pasti ada sebabnya.

Untuk mempersiapkan kehamilan yang baik paling tidak membutuhkan waktu 90-120 hari agar sel yang baru bisa disiapkan dalam kondisi yang optimal.

Bagi wanita yang mengalami keguguran jangan pernah takut untuk hamil lagi, buat tubuh Anda benar-benar siap menerima kehamilan sehingga kemungkinan terjadi komplikasi pada kehamilan akan sedikit.

Tinggalkan komentar