BioFar.ID Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.

Begini Ciri-Ciri Wanita yang Hamil Bayi Laki-Laki

Bayi laki laki

Untuk para Bunda yang tengah hamil saat ini, tentunya Bunda menebak-nebak mengenai jenis kelamin bayi yang sedang ada dalam kandungan.

Dugaan-dugaan tersebut pun kerap kali dianggap sebagai pertanda kalau Bunda sedang hamil bayi laki-laki. Walaupun, memang hal itu dianggap sebagian besar sebagai mitos, tapi banyak juga yang mempercayai akan hal tersebut.

Mengetahui jenis kelamin bayi yang dikandung

Mengetahui jenis kelamin bayi
gettyimages.com

Sebenarnya saat ini, sudah berbagai macam metode yang bisa dilakukan untuk mengetahui jenis kelamin bayi yang sedang dikandung. Salah satu metode yang paling banyak digunakan dan memang terbukti benar adalah dengan pemeriksaan USG.

Dengan melakukan USG ini, maka Bunda pun bisa mengetahui dengan jelas, jenis kelamin dari calon bayi yang Bunda kandung saat ini. Karena, dengan USG Bunda bisa melihat dengan jelas kondisi janin di dalam kandungan, dan Dokter pun akan menjelaskan melalui monitor USG tersebut.

Namun, walaupun hasil pemeriksaan USG ini memang memperlihatkan dengan jelas kondisi janin dalam kandungan melalui monitor, hal itu tentunya belum tentu akan memberikan hasil yang tepat untuk jenis kelamin pada bayi.

Karena, biasanya posisi janin dalam kandungan kadang berubah-ubah, sehingga sulit untuk melihat secara detail dan jelas bagian organ intim (kelamin) tersebut.

Pemeriksakan USG kehamilan ini bisa dilakukan dengan empat cara, yaitu USG 2D, 3D, 4D, ada juga USG Doppler. Tapi, untuk para ibu biasanya akan lebih memilih menggunakan USG 4D, karena hasilnya itu memang lebih jelas dan detail.

Walaupun, memang tanda-tanda ini masihlah belum terlalu akurat, tapi Bunda tidak perlu lagi mengeluarkan uang yang cukup banyak ke Dokter Kandungan untuk melakukan USG loh!

Tanda-tanda wanita hamil bayi laki-laki

Bayi laki laki
kesehatanaz.com

Saat Bunda hamil, Bunda pasti akan mengalami beberapa perubahan pada tubuh secara fisik dan juga psikis. Hal ini pun kerap kali dihubungkan dengan tanda-tanda kehamilan yang bisa menjadi dasar menentukan jenis kelamin dari bayi nantinya.

Untuk itu, kami dari tim BioFar.ID akan membagikan secara gratis tentang bagaimana tanda-tanda kehamilan bayi laki-laki tersebut, berdasarkan perubahan fisik dan juga psikis dari ibu hamil. Seperti apa tanda-tanda tersebut? Silahkan simak selengkapnya di bawah ini:

1. Bentuk atau posisi daru perut ibu hamil

Bentuk atau pun posisi dari perut ibu hamil ini kerap kali dijadikan sebagai dasar dalam menentukan jenis kelamin dari bayi yang sedang dikandungnya. Kalau Bunda mendambakan kelahiran bayi laki-laki, maka bentuk atau posisi perut ibu hamil akan menurun atau agak ke bawah. Akan tetapi, untuk bisa menentukan hal ini, biasanya itu berdasarkan usia kehamilan juga.

2. Jerawat yang banyak bermunculan

Tanda berikutnya adalah kemunculan banyak jerawat di wajah. Hal ini karena terjadinya perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil, yang tidak hanya mempengaruhi kondisi hati, mual dan lainnya, tapi juga bisa menjadi pertanda dari kehamilan bayi laki-laki.

Para ibu hamil yang berjerawat itu identik dengan kehamilan bayi laki-laki, pada umumnya. Akan tetapi, hal ini tetap perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut lagi. Karena, kemungkinan jerawat yang timbul tersebut akibat perubahan hormon tubuh dan juga penggunaan kosmetik wajah saja.

3. Warna pada air kemih (Urine)

Wanita hamil yang memiliki warna urine lebih gelap kekuning-kuningan itu, berarti pertanda kalau Bunda sedang mengandung bayi laki-laki. Namun, Bunda perlu mengetahui dulu jumlah asupan cairan dalam tubuh Anda sebelum memastikan hal tersebut. Karena, warna urine yang lebih gelap atau pekat itu bisa juga pertanda, kalau Anda sedang mengalami dehidrasi.

Cobalah untuk memenuhi asupan cairan tubuh Bunda dengan lebih banyak setiap harinya, dan perhatikan lagi warna urine Bunda. Kalau masih gelap kekuning-kuningan, dan tidak dehidrasi lagi, kemungkinan besar Bunda hamil bayi laki-laki.

4. Bentuk dan ukuran payudara yang lebih besar

Bentuk dan juga ukuran payudara pada saat hamil akan mengalami perubahan yang menjadi semakin besar. Para wanita hamil juga mempercayai kalau kondisi tersebut terjadi, maka itu adalah tanda kalau Bunda sedang hamil bayi laki-laki.

Akan tetapi, kondisi tersebut tidak bisa dijadikan pertanda wajib kehamilan bayi laki-laki. Karena, perubahan ukuran payudara yang semakin membesar tersebut dikaitkan juga dengan kesiapan tubuh dalam memproduksi ASI.

5. Posisi saat tidur pada ibu hamil

Tanda yang kelima yang bisa Bunda ketahui kalau sedang hamil bayi laki-laki itu adalah posisi saat tidur. Cobalah Bunda tanyakan kepada suami Bunda saat tidur, ke arah mana Bunda menghadap saat tidur. Kalau ternyata arah tubuh Anda cenderung menghadap ke sebelah kiri, maka itu termasuk salah satu tanda kalau Bunda sedang hamil bayi laki-laki.

6. Perawatan tubuh (kecantikan) saat hamil

Seperti yang kita ketahui, kalau wanita itu tentunya suka merawat tubuh untuk mempercantik diri. Nah, ini bisa menjadi salah satu pertanda juga kalau saat ini Bunda sedang hamil bayi laki-laki.

Kalau dulunya Bunda itu sangat suka sekali berdandan cantik, menggunakan parfum, dan memakai kosmetik, tapi saat hamil, Bunda sudah malas melakukan hal tersebut. Bahkan, saat keluar rumah pun hanya menggunakan make up seadanya saja, maka itu tanda kalau Bunda sedang hamil bayi laki-laki.

Seperti itulah beberapa tanda-tanda fisik dan psikis yang dipercayai masyarakat mengenai tanda hamil bayi laki-laki. Tapi, untuk secara medis sendiri, hal tersebut belum bisa dijadikan dasar kehamilan bayi laki-laki, tanpa ada pemeriksaan secara fisik atau melihat secara langsung janin di dalam kandungan.

Semoga dengan informasi yang telah kami sampaikan di atas, wawasan Bunda tentang kehamilan bisa lebih bertambah lagi. Salam sehat selalu untuk Bunda dan janinnya.

Avatar
BioFar.ID Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.