Cegukan pada Bayi? Ini 5 Cara Mudah Mengatasinya!

2 min read

CEGUKAN PADA BAYI – Pada tulisan kali ini, kita akan membahas tentang cegukan pada bayi. Kita akan mencoba menjelaskannya secara detail. Pasti Anda yang sedang membaca artikel ini sedang bertanya cara apa agar dapat menghilangkan cegukan pada bayi.

Nah Anda tepat sekali datang ke website kami langsung saja mari kita bahas di bawah ini.

Cegukan Pada Bayi

Cegukan pada bayi
©pexels.com

Para pembaca pasti sudah memiliki bayi dan sangat cemas jika sang bayi mengalami cegukan yang terus menerus. Apalagi jika bayi Anda selalu mengeluarkan yang aneh secara berulang kali seperti cegukan. Jika diteliti lebih detail sebenarnya cegukan ini terjadi akibat sebuah kedutan yang berasal dari diafragma yang terjadi berulang-ulang yang tak terkontrol.

Kontraksi yang terjadi ini sering di bagian diafragma yang dapat mengakibatkan sebuah pita suara yang tertutup dan dapat menghilangkan suplai udara yang ingin masuk ke paru-paru maka itu berbahaya bagi kesehatan bayi Anda.

Penyebab Cegukan Pada Bayi

Penyebab Cegukan Pada Bayi
©pexels.com

Penyebab cegukan pada bayi ada banyak sekali. Dan salah satu akibat cegukan pada bayi pada saat bayi tersebut sedang makan atau minum. Maka dari pada saat bayi makan atau minum janganlah mengajak bayi tersebut untuk tertawa karena dapat mengakibatkan cegukan pada bayi.

Para ibu janganlah khawatir jika bayi mengalami cegukan, karena hal itu adalah hal yang biasa dan dapat hilang dalam beberapa menit saja. Anda harus tanggapi cegukan pada bayi dengan tenang dan bijak. Sebaiknya untuk langkah awal, harus mengistirahatkan bayi dan jangan diajak tertawa ketika sedang makan dan minum atau pun sedang menyusui ASI. Karena sering kali para ibu mengajakkan bayi bercanda ketika sedang makan, sebaiknya mengajak bercanda bayi tersebut setelah makan selesai.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi
©pexels.com

Pasti Anda sedang mencari tau cara mengatasi cegukan pada bayi. Maka dari itu kami akan menunjukkan berbagai cara agar mengatasi cegukan pada bayi. Nah!! langsung saja mari kita baca penjelasannya di bawah ini.

Ganti Posisi Ketika Menyusui

Ketika bayi sedang menyusui sering kali para ibu mengabaikan udara yang ikut masuk kedalam mulutnya, hal ini dapat mengakibatkan cegukan pada bayi. Cara mengatasi cegukan pada bayi di antaranya adalah dengan mengubah posisi ketika sedang menyusui bayi.

Setelah mengubah posisi ketika menyusui dengan posisi yang lebih baik juga harus memastikan ketika bayi sedang menyusui tidak ada udara yang masuk. Jika cegukan pada bayi masih terjadi maka sebaiknya dihentikan sementara proses menyusui, karena jika dilanjutnya maka cegukan akan semakin parah dan dapat membahayakan bayi Anda.

Pastikan Posisi Menyusui Benar

Jika sudah mengubah posisi, juga harus memastikan bahwa posisi Anda sudah benar dan baik. Posisi yang benar adalah puting dan areola (bagian kulit berwarna gelap yang mengingkari puting) masuk ke dalam mulut bayi.

Dan harus diikuti dengan perut bayi yang harus berhadapan dengan perut sang ibu. Maka jika sudah seperti itu, bayi pun sudah bisa menerima ASI ibu dengan perlahan, maka akan mengurangi terjadinya cegukan pada bayi.

Memeluk Bayi

Cara mengatasi cegukan pada bayi yang selanjutnya adalah cara yang paling sederhana dan pasti disukai oleh para ibu. Yaitu dengan memeluk bayi yang dapat dipercaya bahwa dapat menghilangkan cegukan pada bayi. Biasanya cegukan tersebut akan hilang hanya beberapa menit saja dan kemudian akan aman.

Menepuk Punggung Bayi

Tidak hanya memeluk bayi yang mudah, salah satu cara juga mudah untuk dilakukan oleh para ibu yang memiliki bayi, yaitu dengan menepuk punggung belakang bayi.

Cara adalah dengan menggendong bayi dengan posisi seperti sedang berdiri, dan letakkan kepala bayi tersebut ke pundak Bunda. Lalu setelah itu tepuk punggung bayi dengan perlahan sampai keluar sendawa pada bayi. Cara tersebut dipercaya sangat ampuh untuk mengobati cegukan pada bayi.

Beri Makan Bayi dengan Perlahan

Para ibu sering sekali tidak memperhatikan pola makan sang bayi. Para ibu juga sering terburu untuk memberi makan sang bayi. Maka dari sebaiknya setelah membaca artikel ini Anda memberi makan si kecil secara perlahan.

Dengan cara memberi makan sang kecil dengan perlahan maka dipercaya bahwa cegukan pada bayi tidak akan terjadi, karena bayi tidak dapat makan dengan cara terburu-buru. Jika bayi mengalami cegukan dengan disertai cegukan maka sebaiknya langsung saja dibawa ke doktor.

Menurut seorang ahli yang pernah menulis buku tentang cegukan pada anak, dia mengatakan bahwa cegukan pada anak akan hilang dengan sendiri saat sang bayi tersebut tidur.

Seiring dengan bertambahnya usia seorang bayi cegukan akan tidak muncul karena setelah tumbuh lebih besar sistem tubuh bayi lebih seimbang dan makin meningkat juga. Namun jika Anda masih ragu dengan cegukan pada bayi maka sebaiknya anda melakukan hal yang sudah ditulis di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *