Cara Mengajari Anak Membaca dengan Mudah dan Menyenangkan

Cara mengajari anak membaca

CARA MENGAJARI ANAK MEMBACA termasuk perihal yang perlu mendapatkan perhatian bagi kita semua, lantaran ketika anak beranjak usia Taman Kanak-kanak ia menghadapi dalam keadaan yang mengharuskannya memiliki keahlian membaca dan juga menulis.

Selaku orang tua, kita tak diperkenankan hanya sekedar mengandalkan aktivitas kegiatan pembelajaran di sekolah saja untuk meningkatkan keahlian membaca maupun menulis murid. Sebab aktivitas menulis tidak mungkin efektif tanpa anak bisa membaca, artikel ini hendak mengkhususkan dalam cara mengajari anak membaca.

Membaca Disertai dengan Bernyanyi

Membaca Disertai dengan Bernyanyi
©worldtokids.com

Cara mengajarkan anak membaca yang ini merupakan cara yang lebih gampang untuk diperaktikkan, serta tentunya masing-masing orang tua kerap memakai cara ini.

Ya, pada umumnya orang tua melatih anak membaca huruf abjad disertai dengan dinyanyikan, diawali dari A hingga Z. Metode ini lumayan maksimal, lantaran anak bisa lebih gampang dalam mengingatnya.

Membaca dengan Bantuan Media Elektronik

Membaca dengan Bantuan Media Elektronik
©youtube.com

Banyaknya video pembelajaran terkait belajar angka, juga huruf yang beredar di pasaran lumayan membantu orang tua untuk melatih anak membaca.

Disamping hal tersebut, permainan-permainan mengenai belajar membaca yang disertai gambar yang menarik pula banyak yang bisa diunduh lewat gadget Anda. Lewat media tersebut, akan hendak mau bisa menarik sebab belajarnya tak lagi monoton.

Memakai Karpet Huruf

Mengajari anak membaca
©seeandlearn.org

Karpet yang pada umumnya dipakai buat alas bermain anak, juga dapat digunakan sebagai sumber belajar. Belilah karpet yang gambarnya menyimbolkan huruf serta angka. Warna-warni karpet yang menarik, dan juga gambarnya bisa membuat anak berminat untuk membaca.

Cara mengajari anak membaca lewat metode ini cukup maksimal, lantaran anak bisa belajar disertai dengan bermain.

Membaca Sambil Disertai dengan Bercerita

Membaca Sambil Disertai dengan Bercerita
©hijapedia.com

Membaca disertai dengan bercerita dapat dipraktikan dengan membaca buku cerita bergambar.

Yang perlu diketahui ialah anak tidak hanya mesti bisa mengucapkan apa yang tertulis pada buku, namun dapat pula ikut merasakan karakter-karakter yang terdapat pada buku cerita.

Cara Mengajari Anak Membaca Lewat Metode Glen Doman

Cara Mengajari Anak Membaca Lewat Metode Glen Doman
©youtube.com

Alangkah baiknya Bunda menunda terlebih dulu untuk melatih anak dengan huruf dan abjad, lebih bagus pakai komponen terkecil dari huruf yakni kata-kata. Sebuah kata termasuk hal konkrit, serta juga huruf merupakan abstrak, anak akan gampang apabila dilatih dengan hal hal konkrit terutama bukan sesuatu yang abstrak yang akan membuatnya amat keras berpikir.

Nah, supaya anak bisa tambah gampang mendapat pelajaran membacanya, alangkah baiknya Bunda melatih anak membaca secara simpel dengan langkah-langkah pengenalan kata-kata, serta juga yang paling terkenal cara dipakai yaitu cara glen doman.

Secara lengkap Bunda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Susunlah sejumlah kata yang bisa dikelompokkan jadi 3 set dan serta dan juga dijadikan pada kartu yang terbuat dari karton serta spidol. Tulislah kategori tersebut memakai spidol dan juga buat sejumlah
    kata yang sudah dikelompokkan jadi 3 set kategori A, kategori B. dan C.
  2. Misalnya, catat nama-nama anggota keluarga di set A (Ibu, Ayah, Nenek, Kakek, Tante) dan juga di set B atur dengan nama buah (jambu, pisang, durian, jeruk, dan juga apel), kemudian pada kategori C tuliskan dengan nama hewan misalnya (Angsa, Kambing, Kuda, Kelinci, dan Gajah)
  3. Minta anak Bunda mengambil kartu yang paling depan di dalam tumpukan awal kategori A, lantas Bunda bacakan dengan pelan-pelan dan juga ajaklah anak Bunda agar ikut mengikutinya.
    – ingat, Bunda gak perlu menerangkan apa arti yang lagi dibaca oleh anak
    – tidak diperkenankan lebih dari 2 detik, sesudah seusai itu langsung ambil kartu dari belakang tumpukan dan kerjakan sama halnya langkah-langkah di awal
    – Seyogyanya Bunda memperhatikan wajah anak ketika melafalkan satu buah kata, perhatikan kata yang benar-benar disukai dan juga yang tak disukai anak Bunda.
    – Tidak harus menyuruh anak untuk mengulangi kata-kata yang sudah dibacanya.
    – Bilamana selesai membaca lima kata, hentikan pelajaran, terus cium dan peluk anak Bunda lalu kasih pujian agar membuktikan kalau Bunda amat bangga kepada anak yang mau belajar
  4. Pada hari pertama, praktikkan langkah-langkah diatas pada bagian kategori A paling maksimal 3 kali
  5. Di hari ke-2 dengan langkah-langkah kayak ini kategori A = 3x, kategori B = 3x
  6. Pada hari ke-3 tes seluruh kategori kayak contoh kategori A = 3x, categori B = 3x, serta juga kategori C = 3x Hari
  7. Buat hari-hari berikutnya praktikkan seperti langkah-langkah di hari ketiga.
    – Tiap kata yang dibaca ada baiknya ulangi sebanyak 14 sampai 24 kali. apabila telah melebihi itu , ganti kata-katanya. misalnya seandainya sudah hari ke-6 ambil satu kata dari setiap kategori dan ganti dengan kata yang baru.
    – Sesudah satu kategori yang bunda baca tuntas baiknya langsung di acak kembali, hal itu dikerjakan supaya anak tak mampu menebak kata yang berurutan.
    – Jangan mengulangi kata yang sudah Bunda bacakan, supaya bunda tidak salah ketika memberi tanda seluruh kata yang telah dibaca. pakai pensil pada tiap kata yang telah dibaca. tanda tersebut pula berfungsi sebagai acuan agar bunda tahu apabila kata itu telah berapa kali dibaca.

Demikianlah diantara tips beserta cara mengajari anak membaca dengan menyenangkan. Ajari anak dengan penuh kesabaran serta kelembutan supaya dia tidak merasa dipaksa dan juga tidak mendapatkan tekanan.

Aqila Raihana