BioFar.ID Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.

Begini Cara Membuat Sayuran Tetap Segar Selama Berhari-hari

Sayuran segar

Anda sudah tahu bahwa mengonsumsi banyak sayuran adalah salah satu kunci penting untuk hidup sehat. Anda juga tahu, bahwa sayuran yang Anda konsumsi seharusnya masih dalam bentuk yang segar.

Masalahnya, tidak semua orang punya waktu untuk berbelanja bahan makanan segar setiap hari. Ada orang-orang yang hanya sempat berbelanja seminggu sekali.

Bagaimana trik supaya sayuran tetap segar selama satu minggu ke depan? Simak caranya di sini.

Mentimun:

Mentimun lezat ketika masih segar dan renyah. Ketika mereka sudah menjadi layu, rasanya pun menjadi tidak enak. Untuk menjaga mentimun tetap segar  cobalah tip  dari The Lambat Roasted Italia:

Potong mentimun dengan ketebalan sekitar  2 Cm. Tumpuk irisan mentimun di  dalam wadah yang kedap udara. Kemudian, letakkan tisu toilet di atas mentimun lalu tutup wadah rapat-rapat. Simpan mentimun Anda dalam posisi terbalik (sehingga lipatan kertas/tisu toilet ada di bagian bawah). Tisu akan menyerap kelembapan dan membuat irisan mentimun tetap segar.

Paprika:

Agar irisan paprika tetap segar, coba trik dari Livestrong ini. Gunakan pisau yang tajam untuk memotong paprika. Pisau yang tumpul dapat merusak bagian luar sayuran tersebut. Hilangkan  batang dan bijinya. Kemudian dipotong menjadi irisan yang cukup tipis.

Letakkan  irisan paprika di atas kertas toilet lalu bungkus.  Tempatkan irisan paprika yang sudah dibungkus kertas toilet  ke dalam mangkuk dan tambahkan sekitar 1,5 Cm  air dingin ke dalam mangkuk itu. Ini akan menjaga paprika Anda tetap segar selama sekitar satu minggu.

Wortel:

Tip dari dari The kitchn ini akan membuat irisan wortel Anda tetap segar dan renyah. Potong semua pangkal  wortel yang berwarna hijau.

Simpan pangkal itu dalam wadah terpisah jika Anda ingin menggunakannya untuk sup nanti. Simpan wortel yang telah dipangkas pangkalnya di dalam wadah berisi air. Ini akan membuat wortel tahan selama beberapa minggu.

Selada:

Trik ini juga berasal dari The kitchn, untuk menjaga agar selada tidak layu.  Metode 1: Bungkus selada dengan kertas atau tisu toilet lalu tempatkan dalam kantung plastik.

Metode 2: Simpan  daun selada di dalam wadah kedap udara yang diberi kertas toilet (mirip dengan metode penyimpanan mentimun).  Dengan metode-metode ini, selada bisa tetap segar setidaknya selama tujuh hari.

Avatar
BioFar.ID Situs informasi dan edukasi Indonesia yang khusus menyajikan konten menarik dan segar seputar kedokteran, farmasi, dan kesehatan masyarakat.