Ciri-ciri Hamil Muda Setelah Berhubungan 1-3 Minggu

CIRI-CIRI HAMIL MUDA – Ada banyak sekali ciri-ciri hamil muda yang tak jarang dialami oleh banyak wanita yang dicurigai tengah hamil muda. Lazimnya, ciri-ciri orang hamil ini akan muncul pada pekan-pekan permulaan masa kehamilannya. Ciri atau pertanda dari kehamilan ini akan muncul sebagai pertanda dari terjadinya perubahan pada lahiriah maupun non lahiriah atau dapat juga ditandai dengan munculnya gejala-gejala medis maupun non medis.

Gejala medis sendiri dapat dikenal dengan melaksanakan pemeriksaan pada terjadinya perubahan hormon, salah satu sistem yang dapat dilakukan adalah dengan pengecekan untuk memastikan ciri-ciri hamil muda yang Anda alami adalah menggunakan alat tolong seperti test pack kehamilan yang banyak dijual di apotek. Tingkat keakuratan dari alat tes kehamilan ini sangatlah tinggi malahan dapat dikatakan mencapai 99% keakuratannya.

Sementara itu, pengecekan lain yang dapat dilakukan secara medis adalah dengan melaksanakan USG antara umur kehamilan diperkirakan pekan ke 4 dan ke 5. Pengecekan menggunakan test pack bertujuan untuk mengetahui pembuahan, meski dengan USG untuk mengetahui apakah pembuahan tersebut telah berkembang menjadi embrio, memastikan bahwa ciri-ciri hamil muda yang Anda alami adalah benar.

Sementara ciri-ciri orang hamil secara non medis, untuk mengenali gejala-gejala kehamilan tidak perlu melaksanakan alat seperti test pack atau USG. Ciri-ciri orang hamil non medis dapat dikenal dengan memperhatikan perubahan dari lahiriah maupun psikisnya. Untuk keakuratan dalam mengenali ciri-ciri hamil muda tergantung dari seberapa banyak dan tak jarang dan gejala kehamilan yang terjadi, semakin banyak dan tak jarang gejala yang terjadi maka semakin akurat.

Memang tidak dapat dipungkiri jika kehamilan adalah masa-masa yang benar-benar dinantikan oleh pasangan yang telah menikah, apalagi jika pasangan suami istri tersebut telah menikah sejak lama dan belum dikaruniai keturunan. Umumnya akan tak jarang muncul perasaan penasaran ketika setelah melaksanakan hubungan badan, apakah hamil atau tidak. Tetapi pada dasarnya, meski ketika melaksanakan hubungan badan pada masa-masa puncak kesuburan, tidak selalu kehamilan ini dapat terjadi.

Baca juga:  Apa Itu Kebidanan?

Lalu, apa saja ciri-ciri hamil muda itu? Simak ulasannya berikut ini.

Ciri-ciri Hamil Muda Mengalami Kram Perut

Ciri-ciri Hamil Muda Mengalami Kram Perut
©artikellengkapibuhamil.blogspot.com

Ketika seorang wanita tengah positif hamil muda, maka akan terjadi perubahan lahiriah semenjak permulaan kehamilan. Perubahan lahiriah tersebut akan terjadi secara berjenjang. Untuk dapat mengenali ciri-ciri wanita hamil muda secara lahiriah benar-benar diperlukan kejelian dalam mengenalinya, sebab pada tingkatan ini perubahan yang terjadi masih sedikit dan juga jarang terjadi.

Gejala atau ciri-ciri orang hamil yang paling terang dan selalu terjadi lebih permulaan adalah mengalami kram di zona perut, gejala ini awam terjadi pada wanita hamil muda dan tidak akan terlalu menyakitkan, gejala ini terjadi disebabkan oleh sebab terjadinya perubahan secara hormonal dan adanya implantasi.

Sering Mengalami Mual dan Muntah

Sering Mengalami Mual Dan Muntah
©detik.com

Munculnya rasa mual dan berkeinginan muntah ini memang alami dirasakan oleh para wanita sebagai bentuk ciri-ciri hamil, gejala ini akan muncul pada permulaan kehamilan hingga akhir masa kehamilan trimester pertama. Tetapi tidak sedikit wanita hamil yang mengalami gejala mual dan muntah ini selama masa kehamilan.

Lazimnya gejala ini hanya terjadi pada awal-awal kehamilan saja dan termasuk salah satu pertanda dari hamil muda yang paling gampang untuk dikenali. Normalnya, keadaan ini hanya berlangsung paling lama beberapa pekan setelah berhubungan.

Perubahan Pada Payudara

Perubahan Pada Payudara
©ruangmuslimah.co

Pada masa-masa terjadinya kehamilan, maka akan terjadi perubahan pada payudara namun perubahannya terjadi secara pelan. Umumnya payudara akan menjadi lebih kencang dan padat serta ukurannya secara perlahan akan membesar dibandingkan dengan sebelumnya.

Ciri-ciri orang hamil ini terjadi dikarenakan adanya perubahan pada hormon untuk mempersiapkan masa menyusui, meski masa-masa menyusui ini masih lama. Tanda seperti ini juga tidak hanya terjadi pada payudara saja, melainkan juga pada tubuh yang semakin lama akan semakin membesar dan yang paling pertama terjadi adalah pada payudara.

Baca juga:  Apa itu Infertilitas?

Tidak Datang Haid Merupakan Ciri-ciri Hamil Muda

Tidak Datang Haid Merupakan Ciri-ciri Hamil Muda
©dedaunan.com

Sudah menjadi pengetahuan awam, ketika seorang wanita yang telah menikah atau berkeluarga jika terlambat datang haid, mereka biasanya segera mengasumsikan jika mereka tengah hamil, tetapi wanita yang mengalami telat datang haid belum tentu mereka hamil.

Walaupun sedang tidak haid, namun kadang-kadang akan sering keluar plek atau darah dengan jumlah yang sedikit. Ini terjadi dikarenakan adanya progres implantasi pada sel telur yang telah dibuahi ke dalam dinding rahim. Kemunculan dari plek ini akan berlangsung selama 6 hingga 12 hari setelah melaksanakan hubungan badan, jadi kedatangannya dapat lebih pesat dari perkiraan jadwal haid anda. Kecuali itu, flek ini juga tidak selalu muncul pada tiap-tiap kehamilan sebab jumlah dari pendarahannya benar-benar sedikit.

Perubahan Pada Organ Intim

Perubahan Pada Organ Intim
©hellosehat.com

Perubahan yang dimaksud adalah adanya perubahan pada warnanya, organ intim wanita yang hamil muda akan berubah menjadi lebih kemerahan atau lebih keunguan dari sebelumnya. Kondisi ini terjadi dikarenakan darah lebih banyak terpompa ke tempat tersebut, lalu akan timbul juga bercak putih seperti susu.

Bercak putih ini bukan keputihan, tetapi efek dari penebalan yang terjadi pada organ kewanitaan tersebut. Sementara itu, perubahan pada organ tersebut juga disebabkan oleh terjadinya pembuahan, sehingga keadaan ini dapat dihasilkan sebagai barometer jika telah terjadinya permulaan kehamilan.

Wanita Hamil Gampang Lelah Dan Mengantuk

Wanita Hamil Gampang Lelah Dan Mengantuk
©beritagar.id

Ciri-ciri hamil muda lainnya yang tak jarang kali dialami adalah wanita akan gampang lelah dan mengantuk, meski keadaan tubuh sang calon ibu sedang dalam keadaan sehat dan tidak kurang tidur. Tanda kehamilan ini benar-benar wajar dan biasa terjadi pada masa-masa awal kehamilan, pastikan Anda lebih banyak rehat dan jangan terlalu capek karena beraktivitas.

Indera penciuman anda juga akan lebih sensitif dan tajam, sehingga anda akan lebih sensitif kepada bebauan yang tidak nikmat. Kemudian perubahan juga akan terjadi pada kulit, kulit akan menjadi lebih sensitif. Kecuali itu, anda akan mengalami tak jarang buang air kecil, melainkan gejala ini hanya akan terjadi pada pekan ke 6 umur kehamilan anda.

Baca juga:  5 Tips Agar Preeklampsia pada Ibu Hamil Bisa Diatasi

Selain diketahui berdasarkan ciri-ciri secara lahiriah, ciri-ciri orang hamil juga dapat dikenali dari psikis Anda. Ciri-ciri psikis sendiri dapat dikenali dengan terjadinya perubahan pada perilaku Anda sehari-hari, untuk mengenali ciri-ciri orang hamil ini tidak dapat dikenali oleh diri anda sendiri, melainkan dapat dikenali oleh orang-orang terdekat seperti pasangan. Mintalah kepada pasangan anda untuk berpartisipasi dalam memperhatikan tingkah laku anda sehari-hari.

Mengalami Kecenderungan Menyukai Makanan Tertentu

Wanita Hamil Cenderung Menyukai Makanan Tertentu
©satujam.com

Ciri-ciri hamil muda yang pertama ini memang telah awam di rasakan oleh hampir semua perempuan yang hamil, lebih dikenal dengan istilah ngidam.

Wanita hamil muda lazimnya cenderung akan benar-benar menyenangi dan berkeinginan makan jenis makanan tertentu yang malahan sebelumnya Anda tidak menyenangi dengan makanan tersebut, ada yang menyenangi dengan makanan manis, asin atau makanan gurih.

Perubahan Mood Secara Tiba-Tiba

Perubahan Mood Secara Tiba-Tiba
©grid.id

Pada wanita hamil muda umumnya akan menikmati perasaan yang bergejolak, mood tak jarang naik dan turun, jika mulanya merasa benar-benar bersuka cita tetapi beberapa saat kemudian tiba-tiba saja Anda akan merasa sedih atau malahan naik darah. Ini benar-benar wajar dan biasa terjadi pada permulaan kehamilan. Penyebabnya juga dari perubahan hormon dalam tubuh.

Bagaimana, apakah penjelasan tentang ciri-ciri hamil muda diatas telah cukup terang?

Untuk lebih memastikannya bahwa sedang hamil, Anda dapat melaksanakan pengecekan dengan menggunakan test pack atau memeriksakannya segera ke bidan atau dokter.

Itulah ulasan mengenai sebagian hal yang menjadi ciri-ciri hamil muda.  Ciri-ciri orang hamil yang telah kami jelaskan diatas memang tidak selalu terjadi dan di rasakan oleh tiap-tiap wanita hamil muda namun sebagian ciri-ciri di atas tak jarang anda rasakan kemungkinan besar Anda sedang hamil.

2 pemikiran pada “Ciri-ciri Hamil Muda Setelah Berhubungan 1-3 Minggu”

  1. cek my web https:// www. kehamilanku .web.id/2016/03/tabel-kenaikan-berat-badan-janin-ibu-hamil. html

    Balas
  2. Makasih atas informasinya,,,
    Sekalian mohon pencerahannya :
    Pada saat hamil muda, perut sering kembung itu normal atau gak ya ?

    Balas

Tinggalkan komentar